Apple Watch Series 6 vs SE vs Apple Watch Series 3, Bagus Mana?

COMPARE

Apple Watch Series 6

Telset.id, Jakarta – Apple telah mengumumkan dua jam tangan pintar terbaru, Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE. Namun yang menarik, Apple Watch Series 6 maupun SE mengusung model yang hampir mirip dengan versi lawas, seperti Apple Watch Series 3.

Meski desainnya hampir sama satu dengan yang lainnya, namun Apple tetap memberikan perbedaan yang sangat mencolok di antara ketiganya.

Nah, tim Telset.id saat ini akan melakukan komparasi alias compare antara Apple Watch Series 3, Series 6, dan SE. Berikut ini penjelasannya:

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Desain dan Layar

Apple Watch Series 6

Apple seolah tidak memberikan perubahan yang sangat jauh pada desain Apple Watch selama tujuh generasi. Apple Watch Series 3, Series 6, dan SE pun tidak memiliki perbedaan besar pada sektor desain.

Mengutip dari Macworld, Kamis (17/9/2020), Apple masih belum membagikan ukuran dimensi dari dua jam tangan pintar terbarunya.

Tapi, diasumsikan kalau Apple Watch Series 6 dan SE punya body yang sedikit lebih besar dan tipis dibandingkan Series 3, mirip seperti Apple Watch Series 5. Berikut perbandingannya:

  • Series 3: 38.6 x 33.3mm x 11.4mm
  • Series 5: 40 x 34 x 10.74mm

Kalau berbicara soal strap, bisa jadi tidak ada perubahan yang berarti juga. Tapi yang pasti, kenyamanan dan kemudahan saat memakainya tetap diutamakan oleh Apple.

{Baca juga: Harga Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE}

Bisa dibilang, perbedaan yang cukup mencolok ada pada panel layar dan ukurannya. Series 3 memiliki ukuran terkecil. Model 38mm pada seri ini hanya berukuran 563 mm persegi, sedangkan model 42mm berukuran 740 mm persegi.

Sedangkan untuk SE dan Series 6 punya ukuran lebih besar. Untuk model 40mm, ukurannya 759 mm persegi. Sedangkan untuk model 44mm, berukuran 977 mm persegi.

Sudut versi terbaru cenderung membulat agar sesuai dengan body. Sedangkan Apple Watch Series 3 memiliki sudut persegi.

Material dan Warna

Ketiga Apple Watch ini hadir dalam warna Silver dan Space Gray. Khusus Apple Watch SE, ada pilihan lain berwarna Gold. Sementara Apple Watch Series 6 punya warna Blue dan Product (Red).

Khusus untuk model seluler di ketiganya, Apple merancangnya dengan body berbahan baja anti karat dengan tiga pilihan warna, yakni Silver, Gold, dan Space Black.

{Baca juga: Apple Watch SE, Jam Pintar Versi Murahnya Apple}

Khusus untuk dua model terbaru, terdapat edisi spesial Nike untuk Series 6 dan SE serta edisi Hermes untuk model Apple Watch Series 6 saja.

Di bagian bawahnya, Apple Watch Series 3 hanya dilapisi oleh cover berbahan dasar komposit. Sedangkan SE dan Series 6, diberikan bahan keramik dan kristal safir.

Performa

Apple Watch Series 3

Masing-masing dari Apple Watch dalam compare kali ini ditenagai oleh spesifikasi yang berbeda-beda. Apple Watch Series 3 ditenagai Apple S3, S3 ditopang Apple S5, dan Series 6 punya dapur pacu Apple S6.

Apple S6 punya performa 20% lebih cepat daripada S5, yang kira-kira dua kali lebih kencang dibandingkan S3. Pasalnya, prosesor S5 maupun S6 punya arsitektur dual-core 64 bit, sementara S3 hanya 32 bit.

Selain itu, pada jam tangan versi terbaru, terdapat chip wireless W3 yang mendukung koneksi Bluetooth 5.

{Baca juga: Apple Watch Series 6, Fitur dan Spesifikasi Lengkap}

Apple Watch Series 6 juga hadir dengan chip Apple U1 Ultra Wideband. Chip ini pertama kali diperkenalkan di iPhone 11 dan 11 Pro. Apa gunanya?

Jadi, Apple U1 Ultra Wideband memungkinkan perangkat untuk menyadari dan memahami lokasi relatif dari perangkat Apple lainnya yang juga dilengkapi dengan chip U1. Chip ini sendiri dipersiapkan untuk teknologi terbaru Apple bernama AppleTag.

Sensor dan Fitur

Apple Watch SE

Compare Apple Watch Series 6, SE, dan Series 3 kami lanjutkan dengan membahas sensor dan fitur. Ketika jam tangan pintar ini telah mendukung banyak sensor dan fitur, di antaranya:

  • GPS/GNSS
  • NFC
  • Altimeter
  • Gyroscope
  • Accelerometer
  • Optical heart sensor
  • Ambient light sensor
  • Microphone
  • GymKit
  • 50M water resistance
  • Emergency SOS

Khusus untuk Apple Watch Series 6 dan SE, Apple menyematkan sensor pemantau jantung generasi kedua dengan akurasi yang lebih baik, serta memiliki altimeter yang selalu tersedia sepanjang hari.

{Baca juga: Cara Mudah Update iOS 14, iPadOS, watchOS 7, dan tvOS 14}

Selain itu, mikrofon keduanya pun berguna untuk melacak desibel di aplikasi Noise dan terdapat accelerometer juga yang bisa digunakan untuk mendeteksi jatuh.

Khusus untuk tipe SE, terdapat fitur kompas dan panggilan darurat internasional. Sedangkan Series 6, memiliki sensor lebih lengkap dengan adanya Sp02 untuk memantau kadar oksigen di dalam tubuh.

Harga

Ini yang terpenting. Apple Watch Series 3 saat ini dijual dengan harga mulai dari USD 199 atau Rp 2,9 jutaan sampai USD 229 Rp 3,4 jutaan. Sedangkan Apple Watch SE, dibanderol dengan harga mulai USD 279 atau setara RP 4,1 jutaan sampai USD 309 atau Rp 4,5 jutaan.

Apple Watch Series 6 dilepas di harga mulai dari USD 399 atau Rp 5,9 jutaan hingga USD 429 atau Rp 6,3 jutaan.

Untuk model seluler, model SE dilepas di harga USD 329 atau Rp 4,8 jutaan sampai USD 359 atau Rp 5,3 jutaan. Sedangkan Series 6, USD 499 setara RP 7,4 jutaan sampai USD 529 atau Rp 7,8 jutaan.

Well, manakah pilihan Anda? (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here