Ceramic Shield di iPhone 12 Terbukti Tahan Banting

iPhone 12 Ceramic Shield

Telset.id, Jakarta – Satu fitur perangkat keras baru yang diperkenalkan Apple ke iPhone 12 adalah pelapis panel kaca yang dikembangkan dengan Corning bernama Ceramic Shield. Apple mengklaimnya tahan lama.

Untuk membuktikannya, MobileReviewsEh pun melakukan uji ketahanan. Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Senin (26/10/2020), Ceramic Shield iPhone 12 cukup meyakinkan.

Satu tes melibatkan penerapan sejumlah gaya di layar iPhone 12. Hasilnya, layar iPhone 12 kuat menahan sekitar 442 newton gaya sebelum retak, jauh di atas iPhone 11 yang hanya bertahan 352 newton kekuatan.

Ketika menguji ketahanan gores layar, MobileReviewsEh menemukan bahwa sebagian besar tahan terhadap benda sehari-hari seperti koin dan kunci. Layar iPhone 12 juga tahan gores di atas batu, bahkan pemotong.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Video MobileReviewsEh kemudian menempatkan iPhone 12 melalui uji kekerasan Mohs. Hasilnya, Ceramic Shield iPhone 12 mulai menunjukkan sedikit goresan di level 7, berlanjut kerusakan signifikan di level 8.

Uji coba tersebut merupakan peningkatan dari iPhone sebelumnya, yang ketika diuji mulai menunjukkan tanda-tanda goresan di level 6. Artinya, Ceramic Shield iPhone 12 benar-benar sesuai klaim Tim Cook dkk.

Terlepas dari kehebatan Ceramic Shield, iPhone 12 tetap dinilai mengecewakan lantaran tidak menyertakan aksesoris seperti power adapter dan earbud. Anda pilih mana, Ceramic Shield atau aksesoris iPhone 12?

iPhone 12 Tanpa Charger dan EarPods

Para pengguna memang  harus “menerima nasib” kalau iPhone 12 yang mereka beli tidak sepaket dengan adaptor charger dan EarPods. Oleh karenanya, boks pembelian iPhone 12 pun cenderung minimalis.

Sebuah akun Twitter dengan nama DuanRui memperlihatkan bakal seperti apa paket penjualan iPhone 12 yang tidak berisi charger dan iPhone.

Melalui video berdurasi sekitar 10 detik tersebut terlihat penampakan boks penjualan iPhone 12 yang tampak begitu minimalis dan ramping.

{Baca juga: Begini Penampakan Paket Penjualan iPhone 12 yang Minimalis!}

Keputusan Apple untuk menghilangkan charger dan earphone dari paket penjualan diumumkan saat acara peluncuran iPhone 12 yang disiarkan secara online dari Apple Park.

Tak ayal, keputusan ini langsung menimbulkan pro kontra di tengah para penikmat gadget, terutama para Fanboy (sebutan untuk para pengggemar perangkat Apple).

Banyak pihak yang tentunya mempertanyakan alasan dibalik kebijakan ini. Tidak sedikit juga yang menganggap bahwa keputusan Apple ini merugikan konsumen karena harus membeli adaptor charger secara terpisah. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here