Canggih! Ponsel Android Ini “Anti Mata-mata”

Telset.id, Jakarta – Perusahaan Cybersecurity DarkMatter meluncurkan ponsel pertamanya dengan kemampuan unik, yakni “anti mata-mata”. Ponsel bernama Katim ini resmi diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2018. Apa saja keistimewaannya?

Secara umum, ponsel Katim dirancang untuk meminimalisasi upaya agen mata-mata dalam mengintai aktivitas pengguna. Ponsel Android ini memiliki layar 5,2 inci serta berenkripsi tingkat tinggi.

Menurut CNBC, satu fitur keamanan di Katim, yang dibangun oleh firma berbasis di Timur Tengah, adalah mode perisai. Mode tersebut memutus hubungan antara mikrofon dan kamera sehingga tidak ada lagi yang bisa memata-matai percakapan sang pengguna.

“Jika mengikuti rapat yang aman atau pertemuan bisnis sangat rahasia, Anda biasanya harus meninggalkan ponsel di luar ruangan. Namun, kebiasaan itu sekarang hilang setelah ada Katim. Buktikan saja,” kata Fisal Al Bannai, CEO DarkMatter.

Ia menerangkan, mode perisai Katim bisa diaktifkan dengan menjentikkan sebuah tombol. Ketika tombol dipencet,  daya mikrofon dan kamera bakal lepas. Agen mata-mata butuh kerja ekstrakeras untuk bisa menghidupkan sistem mikrofon dan kamera tersebut.

[Baca juga: Awas! Hacker Mata-mata Menyusup Lewat Aplikasi Android]

Seperti diketahui, keberadaan mata-mata yang mengincar perangkat Anda sebagai sarana mencari rahasia menjadi sorotan pada 2016. Semua berawal ketika CEO Facebook, Mark Zuckerberg, melakukan perekaman melalui fitur webcam di laptopnya.

DarkMatter bukan satu-satunya penyedia perangkat yang berfokus kepada keamanan. Perusahaan Cybersecurity Sikur juga mengumumkan kehadiran ponsel anti-hacker yang dirancang untuk menyimpan mata uang kripto atau cryptocurrencies secara aman.

Pada Mobile World Congress 2018, produsen elektronik asal China, Huawei, tak ingin ketinggalan meluncurkan laptop baru bernama MateBook X Pro. Laptop itu memiliki kamera tersembunyi di bagian keyboard. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0