telset

Bug iOS 12 Bikin iPhone Xs Rentan Dihack

Telset.id, Jakarta – Sebuah bug ditemukan pada sistem operasi iOS 12. Bug iOS 12 tersebut memungkinkan hacker untuk bypass passcode iPhone dan berpotensi untuk mengambil data-data pribadi pengguna, seperti kontak telepon sampai foto.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh Jose Rodriguez, yang memperlihatkan bug iOS 12 dalam video yang tersebar di YouTube. Dalam video ditunjukkan bahwa untuk bypass passcode iPhone, dibutuhkan penggunaan fitur Siri, yakni VoiceOver.

Ketika VoiceOver aktif, hacker tinggal menggunakan ponsel lainnya untuk memanggil nomor telepon dan mengirimkan pesan ke iPhone yang ingin di-bypass. Kemudian dengan beberapa trik lainnya, mereka pun dapat mengakses kontak dan foto pengguna tanpa harus memasukkan passcode terlebih dahulu.

Baca Juga: Pengguna iPhone Xs Mengeluh Susah Dapat Sinyal

Dilansir Telset.id dari MacRumors, Minggu (30/09/2018), bug keamanan ini dapat dilakukan pada iPhone apapun yang berjalan di iOS 12, termasuk iPhone Xs dan iPhone Xs Max. Kemungkinan, Apple akan memperbaiki bug tersebut pada pembaruan sistem iOS 12.1 Beta yang mungkin akan dirilis tak lama lagi.

Untuk sementara, pengguna iPhone dengan iOS 12 dihimbau untuk mematikan akses Siri dari lockscreen smartphone mereka. Caranya, masuk ke Settings, kemudian pilih Face ID & Passcode atau Touch ID & Passcode dan matikan toggle Siri, tepat di bawah menu Allow access when locked.

Baca Juga: Masalah Lagi, Pengguna iPhone Xs Kini Gak Bisa Ngecas

Sebelumnya, dikabarkan bahwa sejumlah pengguna iPhone Xs dan Xs Max mengalami masalah pada sistem charging dari smartphone mereka. Disebutkan, beberapa unit duo suksesor iPhone X ini tidak dapat diisi daya baterainya, jika layar tidak diketuk dua kali.

Bahkan dalam beberapa kasus, iPhone Xs dan Xs Max sama sekali tidak dapat diisi daya baterainya, meski pada layar terdapat notifikasi bahwa smartphone sedang diisi daya baterainya. Sepertinya masalah utama kasus ini terdapat pada sistem operasi iPhone Xs dan Xs Max, yang berarti adalah iOS 12. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0