Berumur 21 Tahun, Nokia 9110i Communicator jadi “Holy Grail” Kolektor

Telset.id, Jakarta – Di tahun 1998, Nokia 9110i Communicator menjadi ponsel pintar yang punya kemampuan bak komputer. Dengan ukuran yang pas untuk dikantongi, ponsel ini mampu menghubungkan pengguna ke dunia baru yang sekarang dikenal sebagai internet.

Lahirnya Nokia 9110i Communicator juga dibarengi dengan boyband dan GameBoy yang mendominasi budaya populer.

Dan jangan lupa, 21 tahun lalu juga harga laptop masih sangat mahal dan bug Y2K menjadi ancaman serius di seluruh dunia.

{Baca juga: Nokia Ambil Peluang di Balik Ketegangan Kasus Huawei}

Sehingga kala itu, Communicator menjadi strategi yang pas dan sukses dari Nokia untuk mengambil kesempatan yang besar di pasar.

Sudah 21 tahun berselang, Nokia 9110i Communicator tetap menjadi ponsel yang mahal dan menjadi incaran para kolektor. Di eBay saja, harga bekasnya minimal USD 100 atau lebih kurang Rp 1,4 jutaan.

{Baca juga: Ini Smartphone Xiaomi dan Nokia yang Adopsi Android Q}

Harga bekasnya bahkan bisa menyaingi smartphone baru nan canggih keluaran Samsung maupun Apple. Padahal, dari sisi fungsi dan teknologi, ponsel ini jelas tertinggal ketimbang smartphone zaman sekarang.

Namun, apapun kondisi ponsel tersebut saat ini, faktanya banyak orang yang masih sibuk mencarinya. Sejarah telah mencatat, Nokia memiliki visi untuk masa depan teknologi seluler dalam wujud seri Communicator. (SN/FHP)

Sumber: phoneArena

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0