Baterai iPhone XR Lebih Besar dari iPhone XS

Telset.id, Jakarta – Baterai iPhone XR ternyata ukurannya lebih besar ketimbang baterai iPhone 8 Plus. Ukuran baterai ini terlihat setelah situs ‘pengoprek’ gadget, iFixit membongkar smartphone yang baru saja dirilis Apple itu.

Seperti kebiasaan sebelumnya, iFixit kembali penasaran dengan jeroan iPhone XR, dan membongkarnya secara langsung.

Video pembongkaran iPhone XR pertama kali diunggah oleh situs kaputt.de dari Jerman. Sedangkan iFixit juga merilis foto-foto perangkat tersebut yang sudah dibongkar dengan jelas dan lengkap, bahkan ada yang difoto memakai X-ray.

Dari hasil pembongkaran tersebut, iFixit menemukan ukuran baterai iPhone XR berukuran 11.16 Wh. Ini artinya ukurannya lebih besar ketimbang iPhone XS yang menggunakan baterai ukuran 10.13 Wh.

Tak hanya itu, ukuran baterai iPhone XR lebih besar dibandingkan iPhone 8 Plus yang memiliki ukuran baterai 10.28 Wh.

Sementara, menurut iFixit, bahwa performa baterai ini sedikit dibawah baterai iPhone XS Max yang berukukiran 12.08, walaupun selisihnya sangat kecil.

Baterai yang dinilai cukup mumpuni untuk ponsel dikelasnya ini berfungsi untuk memasok daya untuk layar LCD 6.1 inci. Layar tersebut beresolusi agak rendah ketimbang iPhone XS yang dilengkapi teknologi OLED.

Sebetulnya ukuran baterai ini sedikit dibawah ekspektasi sejumlah pihak yang berhadap baterainya memiliki daya tahan luar biasa. Tetapi dengan ukuran lebih besar dari model iPhone XS, maka bisa dikatakan iPhone XR bisa menjadi pilihan menarik untuk penggemar iPhone yang sangat aktif.

Selain baterai, tidak ditemukan hal-hal mengejutkan atau menarik dalam jeroan ponsel yang hanya memiliki satu lensa dikamera belakangnya.

Namun iFixit mengingatkan, bahwa iPhone XR tak bisa diperbaiki jika bagian belakang kacanya pecah, karena terintegrasi dengan chassis yang berarti pemilik harus mengganti seluruh rangkanya.

Sebelumnya, Apple ternyata tidak atau belum membuat jaket atau casing original untuk iPhone XR digerai resminya, baik toko fisik maupun online.

Memang di beberapa toko, kini sudah tersedia casing pelindung iPhone XR dengan model nuansa waltz dan kuning cantik. Namun hingga kini belum ada aksesoris casing pelindung original untuk iPhone seri X paling murah tersebut.

Seharusnya Apple menampilkan enam casing iPhone XR warna mencolok di situs resmi, seperti yang disiapkan Apple untuk produk anyar lainnya ketika sudah dirilis.

Namun kebiasaan itu tak berlaku sekarang. Pasalnya, Apple hanya menyiapkan tiga casing pelindung iPhone XR yang tersedia di situs Apple, dan ketiganya dibuat oleh OtterBox alias non original. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here