Gizmo

Duo Asus ZenFone 8 Dirilis, HP Ringkas dengan Snapdragon 888

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id, Jakarta – Setelah rumor yang terus menerus beredar di internet, Asus akhirnya memperkenalkan ZenFone 8 Series secara global. Ada dua ponsel yang diboyong perusahaan asal Taiwan ini, yakni Asus ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip.

Kehadiran dua ponsel ini cukup mengejutkan. Sebab, rumor awal menyebutkan kalau Asus akan memrilis tiga smartphone premium, yaitu ZenFone 8, Mini, dan versi Pro-nya.

Asus ZenFone 8 menjadi versi “paling standar” yang diboyong secara global. Meski demikian, smartphone ini tampil ringkas, premium, dan punya pilihan RAM dan memori internal yang lebih beragam daripada versi Flip.

Smartphone ini dirancang dengan desain bodi 3D Curved Back yang membuatnya nyaman untuk digenggam. Ukuran layarnya pun lebih kecil dari ponsel pintar kebanyakan.

{Baca juga: Asus ROG Zephyrus S17, Laptop Gaming dengan Keyboard Unik}

ZenFone 8 mengusung layar AMOLED E4 buatan Samsung dengan ukuran 5,9 inci dan beresolusi Full HD+. Layarnya mendukung refresh rate 120Hz dan konten HDR10+.

Asus ZenFone 8 (Foto: Asus)

Untuk dapur pacunya, HP terbaru Asus ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888 yang dipadukan dengan RAM hingga 16 GB, memori sampai 256 GB, serta baterai 4.000 mAh dengan fitur fast chargng 30W HyperCharge.

Ke bagian kamera, smartphone ini dilengkapi dengan kamera 64MP Sony IMX686 dengan fitur OIS (optical image stabilization) dan kamera ultra wide 12MP dengan sensor Sony IMX363 dengan fitur Dual PD Autofocus. Sementara kamera depan hanya 12MP saja dengan sensor Sony IMX663.

Beda hal dengan ZenFone 8 Flip. Ponsel pintar ini tampil dengan desain full screen dengan layar berukuran 6,67 inci NanoEdge Display. Refresh rate layarnya sendiri 90Hz.

Desain full screen tersebut tak terlepas dari adanya kamera mekanik dengan skema flip. Kamera ini mirip dengan ZenFone 6 ataupun ZenFone 7, tapi lebih kuat dan punya daya tahan yang lebih lama.

{Baca juga: 10 HP Asus Terbaru Mei 2021, Mulai dari Rp 600 Ribuan!}

Asus ZenFone 8 Flip (Foto: Asus)

Ada tiga kamera yang merangkap sebagai kamera depan dan belakang. Kamera utama dengan sensor 64MP Sony IMX686 dengan dukungan OIS, da kamera ultra wide 12MP dengan sensor Sony IMX363, dan kamera telephoto 8MP dengan kemampuan 3x optical-zoom.

ZenFone 8 Flip sendiri punya dapur pacu yang sama dengan versi standar. Smartphone premium ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB serta memori internal 256 GB. Terdapat pula baterai 5.000 mAh dengan fast charging 30W HyperCharge. (MF)

Leave a Comment