Apple Watch Selamatkan Nyawa Pria Tak Sadarkan Diri

Telset.id, Jakarta  – Untuk kali ke sekian, jam tangan pintar Apple Watch selamatkan nyawa seseorang yang tidak sadarkan diri lantaran terjatuh. Semua berkat fitur pendeteksi jatuh yang ada di Apple Watch.

Fitur pendeteksi jatuh di Apple Watch telah hadir beberapa tahun lalu. Fitur itu bisa bekerja berkat sensor yang terpasang di dalam perangkat. Fitur tersebut akan aktif bilamana pengguna tiba-tiba terjatuh.

{Baca juga: Apple Watch Anyar Bakal Punya Fitur Blood Oxygen}

Ketika pengguna terjatuh dan tidak segera memberi respons, fitur itu langsung bekerja untuk mencari bantuan darurat. Apple Watch menganggap si pengguna sedang pingsan atau tidak sadarkan diri.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Senin (8/6/2020), fitur pendeteksi jatuh di Apple Watch memanggil layanan darurat 911 layanan di pinggiran kota Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Sistem perangkat membuat panggilan dan memberi tahu 911 bahwa ada seseorang telah jatuh dan tidak merespons. Ketika bantuan tiba di lokasi, seorang pria tampak pingsan dengan memakai Apple Watch.

“Ia tidak akan pernah bisa memberi kita lokasinya atau informasi apa pun yang sedang terjadi. Ia bahkan tidak menyadari bahwa bantuan akan datang sampai kita sudah ada di sana,” kata petugas setempat.

{Baca juga: Kisah Apple Watch Selamatkan Wanita Saat Berselancar}

Saat ini, fitur pendeteksi jatuh Apple Watch diaktifkan secara default untuk pengguna yang berusia 65 tahun ke atas. Namun, bagi mereka tidak ingin fitur hadir secara default, bisa mengaktifkannya secara manual.

Kisah Apple Watch selamatkan nyawa orang sudah banyak ditulis. Seperti kisah penyelamatan dialami oleh seorang perempuan asal Massachusetts, Amerika Serikat.

Ia menceritakan pengalamaan saat Apple Watch menyelamatkan nyawanya. Ketika itu, ia sedang melakukan paddle boarding atau berselancar di pinggir laut menggunakan dayung.

Kejadian berlangsung di Pantai Nahant. Kala ia tengah asyik berselancar, tiba-tiba angin berembus sangat kencang. Ia terombang-ambing jauh dari bibir pantai. Merasa khawatir, ia memutuskan untuk mengontak layanan darurat 911 via Apple Watch.

{Baca juga: Lagi-lagi Nyawa Terselamatkan Berkat Apple Watch}

Dasar nasib memang beruntung, panggilan darurat tersebut pun langsung tersambung ke Lynn, Departemen Pemadam Kebakaran Massachusetts. Dalam rekaman laporan, perempuan itu mengaku terseret ombak hingga mendekati tengah laut.

Perempuan tersebut merasa bersyukur akhirnya bisa mengontak layanan darurat sehingga petugas segera datang ke lokasi untuk menolong. Ia pun merasa beruntung memakai Apple Watch saat melakukan paddle boarding di Pantai Nahant. [SN/HBS]

 

SourceUbergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -