Apple Rilis iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, Apa Saja yang Baru?

Telset.id, Jakarta – Apple merilis OS terbaru, yakni OS iOS 15.5 untuk iPhone dan iPadOS 15.5 untuk iPad. Dalam update tersebut, Apple menghadirkan sejumlah fitur baru yang tersebar di beberapa aplikasi.

Sebagai contoh, Apple mengganti nama Apple Pay menjadi Apple Cash. Bersamaan dengan itu raksasa Cupertino juga menghadirkan fitur Request and Send.

Masing-masing fitur memungkinkan pelanggan Apple Cash untuk mengirim dan meminta uang dari kartu Apple Cash mereka. Tak hanya itu, Apple kini juga menyebut Kartu Apple fisik sebagai “Kartu Titanium” di aplikasi Wallet.

Baca juga: Apple Uji Coba iPhone USB-C, Apa Kabar Port Lightning?

Berikutnya, aplikasi Apple Podcasts juga punya fitur pengaturan terbaru. Saat fitur diaktifkan, pengguna bisa membatasi episode yang disimpan di perangkat, sehingga secara otomatis episode lama yang telah didengarkan akan terhapus.

Khusus di iOS 15.5, Apple mengubah fungsi Photo Memories. Maksudnya fitur ini tidak akan merekomendasikan foto lama dari lokasi sensitif seperti lokasi terkait peristiwa Holocaust, demi menjaga kenyamanan pengguna.

Kemudian di iOS 15.5 Apple juga memperluas fitur keamanan komunikasi di iMessage. Salah satunya adalah fitur yang mampu memindai gambar-gambar bermuatan pornografi.

Fitur ini dirancang untuk menjaga supaya pengguna iPhone dari kalangan anak-anak tidak bisa melihat gambar tersebut.

Cara kerja fitur ini sederhana, yakni apabila gambar yang dimaksud terdeteksi dalam foto dan diterima oleh seorang anak, maka foto akan diburamkan. Selanjutnya anak tersebut akan diberikan informasi dari kelompok keselamatan anak.

Harapannya agar anak yang menerima tidak akan mengirim gambar tersebut ke penguna lain. Sayangnya fitur ini hanya tersedia di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris Raya.

Selain itu, Apple juga memperbaiki sejumlah masalah melalui OS 15.5 dan iPadOS 15.5.

Total ada lebih dari 25 perbaikan keamanan yang dilakukan sehingga pengguna kedua perangkat Apple ini disarankan untuk melakukan update segera.

Perangkat yang Dapat iOS 15.5 dan iPadOS 15.5

iOS 15.5 iPadOS 15.5

iOS 15.5 tersedia untuk iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2, iPhone SE 3, iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 13 series.

Baca juga: iPad Air 5 Resmi Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp 10 Jutaan

Sedangkan iPadOS 15 kompatibel dengan iPad mini 4 dan lebih baru, iPad Air 2 dan lebih baru, iPad generasi ke-5 dan lebih baru, semua model iPad Pro, dan iPad yang dirilis pada 20 September 2021 kemarin.

Cara Download iOS 15.5 dan iPad 15.5

Apple iOS 15.5 iPadOS 15.5

Untuk mengunduh iOS 15.5 dan iPad 15.5 caranya mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa tahapan berikut ini:

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih “General” dan “Software Update“.
  • Klik “Download and Install” di banner bertuliskan iOS 15.5 atau iPadOS 15.5.
  • Tunggu beberapa saat dan update pun berhasil dilakukan.

Baca juga: Ingkar Janji, Apple Tak Lagi Berikan Update Keamanan iOS 14

Itu tadi informasi mengenai OS iOS 15.5 dan iPadOS 15.5. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0