telset

Apple Patenkan Keyboard Antidebu untuk MacBook

Telset.id, Jakarta – Apple memperkenalkan keyboard baru saat meluncurkan produk MacBook Retina Display 12 inci. Papan ketik tersebut berukuran lebih tipis, dan jarak antartombol pun lebih dekat. Namun, desain keyboard Macbook yang tipis itu ternyata punya kelemahan kurang tahan debu.

Dilaporkan Gizmodo, lantaran berukuran lebih tipis, keyboard MacBook Retina Display 12 inci rawan terkena debu, kotoran, dan remahan makanan. Dampaknya, tombol-tombol yang ada bisa seketika macet kala digunakan.

Beruntung, Apple mengetahui kelemahan itu. Apple lantas melakukan evaluasi dan sukses menciptakan keyboard antidebu. Perangkat tersebut bahkan sudah didaftarkan oleh Apple supaya memperoleh hak paten.

Di keyboard antidebu, menurut Slashgear, celah-celah yang tidak diinginkan tertutup rapat dengan penambahan membran di bagian bawah setiap tombol. Jadi, manakala tombol disentuh, membran akan meniup udara sehingga debu atau kotoran tertiup keluar.

Dokumen hakpaten keyboard antidebu diajukan oleh Apple pada 2016. Namun, belum diketahui kapan Apple berencana merilis perangkat terbarunya itu. Pihak Apple belum bisa dikonfirmasi terkait hal ini.

Jumat (9/3) lalu, US Patent & Trademark Office juga mengumumkan hak paten yang didaftarkan oleh Apple pada September 2016. Hak paten tersebut diajukan oleh Apple untuk kabel data tahan air yang biasa dipakai oleh pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch.

[Baca juga: Apple Patenkan Kabel Data iPhone Tahan Air]

Menurut The Verge, kabel data Lightning memiliki teknologi terkini. Ia tahan air karena mempunyai segel nan rapat untuk mencegah air maupun cairan lain masuk. Kelebihan itulah yang dipatenkan oleh Apple supaya tak dijiplak oleh pesaing.

Port Lightning memiliki bentuk seperti kerucut dan terdapat sebuah penutup yang rapat. Selain air atau cairan, debu serta pasir tak akan bisa mengotori komponen Lightning. Produk itupun diyakini bakal tahan lama.

Sayang, US Patent & Trademark Office tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai produk iPhone, iPad, atau iPod versi apa yang bisa menggunakan sang kabel data tahan air. [SN/HBS]

 

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0