Apple Patenkan Kabel Data iPhone Tahan Air

Telset.id, Jakarta – US Patent & Trademark Office mengumumkan hak paten yang didaftarkan oleh Apple pada September 2016 lalu. Hak paten tersebut diajukan oleh Apple untuk kabel data tahan air yang biasa dipakai oleh pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Menurut The Verge, kabel data Lightning memiliki teknologi terkini. Ia tahan air karena mempunyai segel nan rapat untuk mencegah air maupun cairan lain masuk. Kelebihan itulah yang dipatenkan oleh Apple supaya tak dijiplak oleh pesaing.

Port Lightning memiliki bentuk seperti kerucut dan terdapat sebuah penutup yang rapat. Selain air atau cairan, debu serta pasir tak akan bisa mengotori komponen Lightning. Produk itupun diyakini bakal tahan lama.

[Baca juga: Apple akan Kenalkan iPad Pro Face ID di WWDC 2018]

Sayang, US Patent & Trademark Office tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai produk iPhone, iPad, atau iPod versi apa yang bisa menggunakan sang kabel data tahan air. Pihak Apple juga belum bisa dikonfirmasi mengenai kabar ini.

The Verge tidak pula merinci apakah karet pelindung sebagai segel kabel data antiair berpengaruh terhadap kinerja generator dan piston yang terdapat di dalamnya. Asal tahu saja, Apple menggunakan generator untuk membuat getaran di Lightning.

Sekadar informasi, kabel data Lightning untuk perangkat iPhone, iPad, atau iPod mempunyai fungsi vital. Pengguna tak cuma bisa melakukan proses pengisian daya baterai, tetapi juga sync perangkat iOS ke komputer via iTunes atau akses lewat perangkat lunak lainnya.

[Baca juga: Apple akan Akuisisi Snapchat?]

Satu hal lagi yang perlu diketahui,kabel data Lightning berharga tak murah. Lightning buatan Apple pun hanya tersedia dalam dua jenis. Pertama adalah kabel data spanjang satu meter berharga 25 dolar Amerika Serikat (AS) dan kedua kabel data sepanjang dua meter berharga 35 dolar AS. [SN/HBS]

 

Previous articleMotorola: Isu PHK Tak Ganggu Produksi Moto Z
Next articleInggris Rogoh Kocek 25 Juta Euro untuk 5G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here