telset
spot_img
spot_img

Apple Buat Kantor Baru untuk Produksi Chip, Broadcom dkk Terancam?

Telset.id, Jakarta – Demi fokus untuk memproduksi prosesor sendiri, Apple berencana untuk membangun kantor yang baru. Langkah ini dilakukan agar Apple tidak bergantung pada perusahaan prosesor seperti Broadcom dan Skyworks Solutions.

Apple sendiri sebenarnya juga telah memproduksi chip seperti prosesor M1 yang dipakai untuk produk MacBook. Tapi, perusahaan asal Cupertino ini nampak belum puas, karena Apple ingin lebih serius membuat chip sendiri untuk produk iPhone, Apple Watch, dan lain sebagainya.

Apple akan membuat kantor baru yang berfokus pada mengembangkan chip nirkabel. Calon karyawan yang ingin bergabung adalah orang-orang yang berpengalaman dalam pembuatan chip modem dan semikonduktor nirkabel lainnya.

Rencananya mereka tidak akan bekerja di markas Apple yang ada di Cupertino, tetapi akan bekerja di kawasan Irvine, California. Kawasan tersebut menjadi tempat bagi beberapa perusahaan chip seperti Broadcom dan Skyworks.

Dilansir Telset dari Bloomberg pada Minggu (19/12/2021), menurut sumber anonim, Apple akan bekerja untuk membuat radio nirkabel, sirkuit terpadu frekuensi radio, dan sistem-on-a-chip nirkabel atau SoC.

Baca juga: Apple Takut Kelangkaan Chip akan Pengaruhi Produksi iPhone

Lalu Apple bakal mengembangkan semikonduktor untuk menghubungkan ke Bluetooth dan WiFi.  Pembentukan kantor baru Apple masih berada dalam tahap awal dan akan terus dikembangkan secara bertahap.

Sayangnya Apple tidak memberikan tanggapan terkait isu tersebut. Begitu pula dengan Broadcom dan Skyworks.

Akan tetapi, ketertarikan Apple membuat prosesor sendiri menjadi ancaman bagi perusahaan pemasok chip. Sebab komponen chip yang dikembangkan adalah komponen  selama ini disediakan oleh perusahaan Broadcom, Skyworks, dan Qualcomm untuk produk Apple.

Selain itu Apple merupakan sumber pendapatan utama bagi pembuat chip. Pada awal 2020, Apple dan Broadcom mencapai kesepakatan pasokan senilai USD 15 miliar atau Rp 215,7 triliun untuk komponen nirkabel yang berakhir pada 2023.

Apple juga menyumbang sekitar 20% dari penjualan Broadcom dan menyumbang hampir 60% dari pendapatann Skyworks. Di sisi lain rencana Apple untuk produksi chip sendiri dinilai dapat membantu perusahaan agar tidak ketergantungan pada perusahaan chip.

Baca juga: Produksi iPhone 13 Dipangkas Akibat Krisis Chip Global

Sebab sikap ketergantungan mereka saat ini telah memberikan dampak buruk karena Apple terkena imbas dari krisis chip. Seperti diketahui bahwa dilaporkan memangkas produksi iPhone 13 sebanyak 10 juta unit, karena krisis chip global.

Demi mencegah masalah serupa terjadi di masa depan, maka membuat chip sendiri adalah langkah yang tepat. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0