Apple “Buang” Keyboard Butterfly di Semua MacBook Baru?

keyboard Butterfly

Telset.id, Jakarta  – Apple kabarnya segera “membuang” papan ketik atau keyboard Butterfly yang sangat dibenci oleh para pengguna. Hal itu disampaikan oleh analis terkemuka produk-produk Apple, Ming-Chi Kuo.

Ming-Chi Kuo menulis dalam sebuah catatan penelitian yang diperoleh dari blog teknologi MacRumors. Ia sangat berharap Apple mau mengungkap laptop model MacBook Pro dan MacBook Air terbaru.

{Baca juga: Apple Ganti Desain Keyboard Butterfly di MacBook Terbaru?}

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Minggu (15/3/2020), Ming-Chi Kuo juga berharap Apple membeberkan faktor bentuk baru MacBook Pro 14-inci, setidaknya pada kuartal kedua 2020.

Kabarnya, MacBook Pro 14-inci akan menggantikan MacBook Pro 13-inci. Sayang, Apple sampai sekarang belum mengonfirmasinya. Empat bulan lalu, Apple merilis MacBook Pro 16-inci dengan keyboard baru.

Tombol yang didesain ulang oleh Apple di MacBook Pro 16-inci merupakan respons terhadap keyboard Butterfly yang memungkinkan ukuran laptop yang lebih tipis. Namun, inovasi tersebut tidak berhasil.

Selain tombol-tombol yang cenderung lengket dan pecah ketika terkena remah-remah atau debu, para pengguna menyebut bahwa keyboard Butterfly rentan terhadap kesalahan dan terasa aneh untuk mengetik.

{Baca juga: Pengguna Sebut MacBook Pro Punya Masalah “Flexgate”}

Ming-Chi Kuo sangat percaya bahwa perlambatan produksi gegara wabah virus corona di pemasok suku cadang MacBook akan teratasi pada akhir bulan. Ia yakin hal itu tidak akan memengaruhi produksi massal.

Seperti diketahui, Apple memperkenalkan keyboard Butterfly di MacBook sejak 2015 silam. Tujuannya simpel, yakni untuk membuat ukuran MacBook menjadi lebih tipis.

Namun, kehadiran keyboard tersebut justru merepotkan para pengguna. Mereka mengeluh dengan kerentanannya. Informasi menyebut, keyboard Butterfly di MacBook seketika menjadi tidak berfungsi kalau debu masuk ke tuts.

Apple sempat mencoba memperbaikinya dengan memasang lapisan karet agar debu tidak bisa masuk. Namun, solusi itu tidak berjalan efektif. Karenanya, Apple bakal menggunakan rancangan baru keyboard scissor-switch.

{Baca juga: Apple Bikin Keyboard Tahan Air untuk MacBook?}

Apple akan menggunakan material fiber agar setiap tuts di keyboard MacBook tidak mudah rusak. Apalagi, ada kabar bahwa biayaproduksi keyboard scissor-switch diperkirakan lebih murah ketimbang desain keyboard Butterly. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here