AMD Radeon RX 6000 Series, Performa 2X Lebih Kencang

AMD Radeon RX 6000

Telset.id, Jakarta  – AMD hari ini meluncurkan kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series. Kartu grafis ini mamiliki performa yang ditingkatkan, visual yang lebih tajam dengan resolusi 4K, dan menghadirkan sejumlah fitur penting untuk AAA gaming.

Ada tiga varian AMD Radeon RX 6000 Series yang diperkenalkan, yakni AMD Radeon RX 6800, Radeon RX 6800 XT, dan flagship terbaru Radeon RX 6900 XT, yang menjadi kartu grafis gaming AMD terkencang yang pernah diciptakan.

{Baca Juga: AMD Umumkan Kehadiran Ryzen 3600XT, 3800XT, dan 3900XT}

Kartu grafis ini dibangun di atas arsitektur gaming AMD RDNA 2 yang inovatif, dan fondasi baru untuk konsol, PC, laptop, dan perangkat mobile generasi mendatang. Kartu grafis ini dirancang untuk menghadirkan kombinasi performa dan efisiensi daya yang optimal.

Arsitektur gaming AMD RDNA 2 diklaim memberikan performa hingga 2X lebih kencang daripada kartu grafis yang dibangun pada arsitektur AMD RDNA1, dan performa-per-watt hingga 54 persen lebih tinggi menggunakan teknologi proses 7nm yang sama.

AMD RDNA 2 menawarkan sejumlah inovasi, termasuk menerapkan teknik hemat daya yang canggih ke unit komputasi performa tinggi untuk meningkatkan efisiensi energi hingga 30 persen.

Kartu grafis ini juga memanfaatkan metodologi desain kecepatan tinggi untuk menghadirkan peningkatan frekuensi hingga 30 persen pada tingkatan daya yang sama .

Termasuk di dalamnya teknologi AMD Infinity Cache baru yang memberikan bandwidth-per-watt hingga 2,4X lebih besar dibandingkan dengan desain arsitektur berbasis GDDR6-AMD RDNA.

Performa dan Visual Gaming Luar Biasa

Kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series mendukung teknologi PCIe 4.0 bandwidth tinggi dan dilengkapi memori GDDR6 16 GB untuk memberi daya pada beban kerja 4K yang paling diperlukan saat ini dan di masa mendatang.

{Baca juga: AMD Ryzen 5000 Dirilis, Prosesor Pertama dengan Arsitektur Zen 3}

Fitur dan kapabilitas utama kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series meliputi:

  • AMD Infinity Cache – Performa tinggi, Cache data last-level yang cocok untuk gaming 4K dan 1440p dengan level detail tertinggi diaktifkan. 128 MB cache on-die secara dramatis mengurangi latensi dan konsumsi daya memberikan performa gaming keseluruhan yang lebih tinggi dari desain arsitektur tradisional.
  • AMD Smart Access Memory – Sebuah fitur eksklusif dengan system prosesor AMD Ryzen 5000 Series, motherboard AMD B550 dan X570 dan kartu grafis Radeon RX 6000 Series.
  • Memberikan prosesor AMD Ryzen akses yang lebih besar ke memori grafis GDDR6 kecepatan tinggi, mempercepat pemrosesan CPU dan memberikan peningkatan performa hingga 13 persen pada game tertentu bila dikombinasikan dengan pengaturan overclocking satu klik Rage Mode terbaru .
  • Dibangun untuk Chassis Standard– Dengan panjang 267mm dan 2×8 konektor 8-pin konektor daya, dan dirancang untuk beroperasi dengan catu daya 650W-750W kelas enthusiast yang ada, gamer dapat dengan mudah meningkatkan PC dengan form factor besar ke kecil yang ada tanpa biaya tambahan.
  • DirectX® 12 Ultimate Support – Menghadirkan perpaduan yang kuat antara raytracing, komputasi, dan efek raster, seperti DirectX® Raytracing (DXR) dan Variable Rate Shading, untuk meningkatkan game ke level nyata baru.
  • DirectX® Raytracing (DXR) – Menambahkan engine Ray Accelerator dengan fungsi tetap berpeforma tinggi ke setiap unit komputasi, kartu grafis berbasis AMD RDNA 2 dioptimalkan untuk memberikan pencahayaan real-time, bayangan, dan refleksi nyata dengan DXR.
  • Saat dipasangkan dengan AMD FidelityFX, yang memungkinkan rendering hybrid, pengembang dapat menggabungkan efek raster dan ray-tracing untuk memastikan kombinasi kualitas dan performa gambar yang optimal.
  • AMD FidelityFX – Toolkit open-source untuk pengembang game tersedia di AMD GPUOpen. Menampilkan koleksi efek pencahayaan, bayangan, dan refleksi yang memudahkan pengembang untuk menambahkan efek berkualitas tinggi pasca-proses yang membuat game terlihat indah dengan tetap hadirkan keseimbangan optimal dari ketepatan visual dan performa.
  • Variable Rate Shading (VRS) – Secara dinamis mengurangi tingkat bayangan untuk berbagai area bingkai yang tidak memerlukan tingkat detail visual yang tinggi, memberikan tingkat performa keseluruhan yang lebih tinggi dengan sedikit atau tanpa perubahan yang terlihat dalam kualitas gambar.
  • Dukungan Microsoft DirectStorage– Dukungan masa depan untuk DirectStorage API memungkinkan waktu load secepat kilat dan tekstur berkualitas tinggi dengan menghilangkan hambatan terkait API penyimpanan dan membatasi keterlibatan CPU.
  • Preset Performa Tuning Radeon Software– Preset satu klik yang sederhana pada Radeon™ Software membantu para gamer dengan mudah mengekstrak sebagian besar dari kartu grafis mereka. Preset tersebut mencakup pengaturan Rage Mode stable over clocking baru yang memanfaatkan headroom tambahan yang tersedia untuk menghadirkan performa gaming yang lebih tinggi .
  • Radeon Anti-Lag – Secara signifikan mengurangi waktu respons input-to-display dan menawarkan keunggulan kompetitif dalam gameplay.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here