Apple Kirim 2 Juta Unit iPhone XR ke China

Telset.id, JakartaApple nampaknya optimistis smartphone anyar mereka bakal laris manis di Asia dengan mengalokasikan 2/3 dari total unit pasokan global iPhone XR perdananya untuk pasar China.

Dengan total 3 juta unit iPhone XR yang dibuat secara global pada tahap awal, itu berarti Negeri Panda ini kebagian jatah 2 juta unit.

Sina News, seperti dilansir ZDnet.com, mengatakan alokasi tersebut menunjukkan bahwa Apple masih percaya pasar China merespon positif kehadiran iPhone anyar tersebut.

Ini karena harga iPhone XR dibanderol lebih murah dan lebih banyak memiliki pilihan warna ketimbang model lain, yang didijual US$937 atau Rp 14,2 jutaan di negara berpenduduk terbanyak di dunia tersebut.

Bahkah Sina News memperkirakan iPhone XR akan menjadi model paling popular di China dalam dua kwartal selanjutnya.

Saat ini sinar Apple seakan meredup di China, seiring dengan merosotnya antusiasme pasar pada peluncuran iPhone terbaru. Malahan pada akhir September lalu, saat Apple meluncurkan iPhone XS dan iPhone XS Max, harganya sempat dipangkas.

Pasaknya, calo hanya bersedia membayar sekitar 2.000 yuan atau sekitar Rp 4,3 jutaan di atas harga resmi untuk iPhone XS Max 512GB, dan menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Semua edisi iPhone terbaru lainnya juga dapat dibeli di bawah harga resmi mereka, karena persediaan masih cukup banyak dan dianggap mahal.

Sementara itu, iPhone XS Max versi 512GB dibanderol 12.799 yuan atau mencapai Rp 28 jutaan di situs resminya, atau 30 persen lebih tinggi dari edisi unlocked yang dijual di AS.

Sedangkan harga terendah iPhone XS 64GB mencapai 8.699 yuan atau setara Rp 19 jutaan, sekitar 34 persen lebih tinggi dari iPhone XR versi 64GB.

Walaupun dijual lebih murah, tetapi iPhone XR tidak menjadi booming di China, karena presales gagal mencapai 1 juta unit atau jauh dibawah beberapa ponsel baru merek lokal yang memiliki fitur tidak kalah bagusnya.

Situs resmi Apple menyatakan bahwa iPhone seri XR masih tersedia di China pada Selasa malam. Tetapi konsumen harus bersabar karena harus menunggu sekitar 1 hingga 2 minggu sebelum mendapat kiriman pesanan mereka. [WS/HBS]

Sumber:  ZDNet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here