Spesifikasi PS5, Memori SSD Jadi Kunci Kecepatan

spesifikasi dan harga PS5

Telset.id – Sony telah memamerkan perangkat konsol game generasi terbarunya, yakni PlayStation 5 (PS5) dalam acara live streaming yang digelar pada hari Jumat. Meskipun belum mengumumkan secara resmi kapan perangkat ini akan hadir di pasaran dan berapa harga yang akan dibaawanya, namun Sony telah mengungkap cukup lengkap soal spesifikasi konsol.

Dua model akan ditawarkan disini, yaitu versi reguler yang dilengkapin dengan pembaca Blu-Ray, dan versi digital yang hanya menyediakan game secara unduh.

Tentunya publik dibuat penasaran, seperti apa spesifikasi yang tersemat dibalik konsol game dengan desain futuristik tersebut. Pasalnya, konsol ini akan menjalankan game game terbaru yang memiliki kualitas grafis tinggi.

{Baca juga: Mengintip Daftar Game PS5, dari Spider-Man Hingga Pragmata!}

Sony telah mengumumkan sejak awal kalau perangkat konsol game PS5 ini memiliki spesifikasi yang tinggi. Itu termasuk prosesor AMD Zen 2 Octa Core dengan clock speed 3,5 GHz, dan kartu grafis AMD RDNA 2 dengan kecepatan 2,23 GHz dengan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops.

Meski begitu, pihak Sony menyebut bahwa bagian yang menjadi kunci performa dari PlayStation 5 (PS5) adalah memori yang digunakan, yaitu SSD. SSD sendiri merupakan jenis media penyimpanan terbaru yang jauh lebih cepat dibandingkan Harddisk konvensional (HDD).

Sony menyematkan SSD berkapasitas 825GB pada perangkat PS5, dan menyediakan slot untuk media penyimpanan tambahan. Lead System Architect of PlayStation 5, Mark Cerny, menyebutkan bahwa dengan penggunaan SSD di perangkat PS5, membuat konsol game memiliki kemampuan untuk memuat game hanya dalam waktu 2,7 detik.

{Baca juga: Sony Pamer Desain PS5, Futuristik Banget!}

Untuk kemampuan grafisnya, PS5 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari generasi sebelumnya ini sudah mampu memproses hingga resolusi 8K. Tentu lebih baik dibandingkan PS4 yang memiliki kemampuan maksimal hingga 4K.

Para fans tentu masih menunggu informasi terpenting lainnya dari Sony. Terutama soal harga dan ketersediaan. Sayangnya Sony hanya menyebutkan kalau perangkat ini akan hadir di musim libur akhir tahun 2020, yaitu sekitar bulan November dan Desember. [IR/IF]

Spesifikasi PlayStation 5 (PS5
CPUProsesor Zen 2 @ 3,5 GHz 8 Core
GPUAMD RDNA 2, 10,28 Teraflops, 36 CU @ 2,23 GHz (variable frequency)
RAM16 GB GDDR6/256-bit
Bandwidth Memori448GB/s
Internal Memori825 GB SSD NVme
Throughput I/ORaw: 5,5GB/s, Compressed: 8-9 GB/s
Slot Memori tambahanSSD Nvme
Memori EksternalUSB HDD Suport
Perangkat Optik4K UHD Blu-ray Drive (versi non-digital)

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here