PlayStation Generasi Berikutnya Lebih Irit Daya

Telset.id, Jakarta  – Konsol PlayStation generasi berikutnya bakal bisa mengkonsumsi daya yang jauh lebih sedikit dalam mode siaga dibandingkan seri konsol sebelumnya PlayStation (PS4).

Namun, fitur hemat daya itu tampaknya merupakan pengaturan opsional, bukan default. Menurut The Verge, kabar tersebut datang melalui posting blog.

{Baca juga: Bos Sony: Performa PlayStation 5 Lebih Cepat dari PS4 Pro}

“Saya sangat senang mengumumkan bahwa konsol PlayStation generasi berikutnya akan mencakup kemungkinan untuk menangguhkan gameplay dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah daripada PS4,” tulis Jim Ryan, Presiden dan CEO Sony.

Ia melanjutkan, jika ada setidaknya satu juta pengguna mengaktifkan fitur tersebut, berarti akan menghemat setara dengan penggunaan listrik rata-rata 1.000 rumah.

Baik konsol PlayStation dan Xbox telah dikritik karena memiliki konsumsi daya tingkat tinggi saat idle. Laporan 2014 dari Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam menunjukkan gambar PS4 sebanyak 8,5 watt dalam keadaan siaga.

Bahkan, PS4 mengonsumsi sekitar 137 watt saat dipakai bermain game atau 89 watt saat streaming video. Sony mengklaim telah meningkatkan profil energi PS4 dari waktu ke waktu.

{Baca juga: Sony Klaim Konsol PlayStation 4 Laku 100 Juta Unit}

Namun demikian, mengurangi penarikan daya siaga menjadi hanya setengah watt akan menjadi peningkatan signifikan yang bisa berdampak nyata. [BA/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here