Gandeng Ubisoft, Google Siapkan Cloud Gaming

Telset.id, Jakarta –  Google sedang menyiapkan platform game berbasis komputasi awan, atau dikenal sebagai cloud gaming. Game ini akan mengandalkan kemampuan Google sebagai penyedia layanan cloud, dan hasil kerjasama Ubisoft, sebagai pengembang game.

Google, seperti diberitakan The Verge, memutarkan video dari acara tahunan Game Developers Conference di San Francisco, Amerika Serikat.

Dalam event tersebut, raksasa internet itu memamerkan platform cloud gaming hasil kerja sama mereka dengan pembuat video game asal Prancis, Ubisoft.

Video tersebut berisi kolase tentang apa saja yang akan ditemukan dalam video game, tapi, Google tidak menginformasikan apa pun tentang acara peluncuran yang akan disiarkan secara langsung pada Selasa mendatang.

{Baca juga: Paten Konsol Game Bikinan Google Terkuak}

Google dan Ubisoft memakai video game “Assassin’s Creed” untuk menguji coba teknologi “Project Stream“, sejumlah orang di AS terpilih untuk memainkan “Assassin’s Creed Odyssey” lewat browser Chrome, di desktop atau laptop.

Baru-baru ini terungkap paten dari Google tentang stick game (kontroller), yang memunculkan  dugaan raksasa teknologi dari Silicon Valley ini akan mengembangkan konsol dan kontroler game buatan sendiri untuk layanan cloud gaming mereka.

Video game, sama seperti film dan musik, saat ini juga bisa dinikmati melalui layanan berbasis streaming video, sehingga dapat diakses di mana saja, seperti Netflix dan Spotify.

Sebelumnya, beredar sebuah bocoran desain controller konsol, yang diyakini berkaitan dengan Project Yeti. Desain ini pertama kali dikabarkan oleh situs Thurrot yang dikenal rajin merilis bocoran proyek gaming Google.

{Baca juga: Main Game Langsung di Chrome dengan Project Stream}

Meskipun belum ada tanggapan dari Google, desain ini ditemukan dalam daftar hak paten di Amerika Serikat. Dokumen yang ditemukan menyebutkan desain stik gaming ini didaftarkan oleh Google. [BA/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here