Gamers di India Cuma Bisa Main PUBG Enam Jam per Hari

Telset.id, Jakarta – Pemerintah India sedang memperketat pengawasan pada game PUBG, karena dianggap mempunyai tingkat adiksi (kecanduan) ke pemainnya. Akibarnya, kini para gamers di India hanya boleh memainkan game bergenre battle royal itu selama enam jam per hari.

Sebenarnya beberapa pemerintah provinsi di India sempat memblokir game tersebut. Namun kini PUBG Mobile memiliki fitur yang lebih solutif mengatasi adiksi.

Seperti dilaporkan India Today, kini game PUBG Mobile di India memiliki fitur yang membatasi waktu bermain. Meski demikian, Tencent, pemilik lisensi PUBG Mobile. belum mengumumkan fitur ini di situsnya.

Dilaporkan banyak gamer di India yang menggungah ke Twitter mengenai pesan yang mereka terima saat bermain PUBG Mobile. Pada proses login, mereka akan menerima pesan bahwa mereka baru bisa login lagi enam jam kemudian.

{Baca juga: Di Kota Ini, Main PUBG Bisa Ditangkap Polisi}

Game PUBG Mobile juga dilaporkan langsung berhenti dengan sendirinya. Beberapa gamer berpendapat bahwa hal tersebut adalah fitur baru di PUBG Mobile untuk membatasi jam bermain.

Tidak ada informasi pasti, tapi gamer menerima pemberitahuan bahwa mereka sudah bermain sebanyak enam jam dalam sehari. Kotak dialog tersebut tertulis sebagai Health Reminder. Beberapa pemain di India juga mengaku kini mereka mendapatkan pertanyaan terkait usia saat masuk ke dalam game.

Sejauh ini pihak Tencent belum memberikan informasi soal fitur Health Reminder. Langkah ini patut diapresiasi sebagai cara yang lebih baik bagi perusahaan menolak gerakan sebagian masyarakat India untuk memblokir game mereka.

Di India, game PUBG diprotes karena mengakibatkan adiksi atau kecanduan, dan mengganggu waktu belajar pemainnya yang didominasi oleh kalangan pelajar. Beberapa perguruan tinggi memblokir akses WiFi mereka ke game tersebut.

Beberapa pemerintah provinsi di India bahkan membuat kebijakan bagi kepolisian untuk menjaring masyarakat yang tertangkap bermain PUBG. Serupa seperti adiksi terhadap selfie, beberapa gamer di India kehilangan nyawa saat bermain PUBG Mobile.

{Baca juga: Pemain Game PUBG Bisa Berubah Jadi Pembunuh, Benarkah?}

Faktor penyebabnya adalah karena gamer mengabaikan keselamatan saat bermain. Mereka bermain game dengan duduk di atas jalur rel kereta api dan telat menyadari kereta menuju ke arahnya. [BA/HBS]

Sumber : India Today

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here