telset

Game Fortnite Bikin Android Terancam Bahaya?

Telset.id, Jakarta – Smartphone Android di seluruh dunia dilaporkan tengah terancam oleh malware berbahaya. Gara-garanya adalah, keputusan developer Epic Games yang mendistribusikan game Fortnite tidak melalui Google Play Store, tapi lewat situs resmi mereka.

Seperti diketahui, game ber-genre Massively Multiplayer Online Role-playing Game (MMORPG) yang tengah populer di berbagai konsol, Fortnite telah hadir di platform Android. Namun, Fortnite versi Android tidak bisa di-download pengguna Android melalui Google Play Store, melainkan melalui situs resmi Epic games.

Baca Juga: Fortnite Versi Android Ekslusif untuk Samsung Galaxy Note 9

Dilansir dari Express, Senin (13/08/2018), pakar keamanan dunia maya dari Falanx Group, Rob Shapland memperingatkan bahwa hacker dapat memanfaatkan ketidakhadiran Fortnite di Google Play Store untuk menyebarkan malware berbahaya.

“Keputusan Epic Games untuk mempublikasikan Fortnite Android di luar Play Store adalah pilihan yang sangat buruk untuk keamanan para pemain mereka,” katanya.

“Perangkat Android sudah jauh lebih rentan terhadap malware daripada Apple. Perlindungan terbesar yang didapat adalah selalu mengunduh aplikasi dari Play Store, karena Google telah menyaringnya dari malware, yang mencegah sebagian besar aplikasi berbahaya di-install oleh pengguna,” jelas Rob.

Baca Juga: Awas! 145 Aplikasi di Google Play Terinfeksi Malware

Ia menegaskan, Epic Games telah membuat pengguna Android men-download aplikasi, khususnya game Fortnite di luar Play Store. Sehingga, smartphone Android mereka dalam posisi rentan terhadap malware yang bisa saja disisipkan hacker ketika pengguna mengakses situs yang salah.

Senada dengan Rob, penasihan keamanan F-Secure, Sean Sullivan mengatakan bahwa ancaman penyebaran malware berbahaya di smartphone Android akan semakin besar. Sebab, pengguna Android merasa tak sabar untuk memainkan game tersebut, apalagi ketika mereka melihat perangkat iOS sudah dapat memainkannya sejak bulan lalu.

Baca Juga: Trik Install Fortnite di Android Tanpa Harus Punya Samsung

“Ada banyak video palsu di YouTube yang memperlihatkan cara untuk mengunduh Fortnite versi Android sebelum diluncurkan. Video ini mengarahkan pengguna untuk install aplikasi palsu yang berisi malware berbahaya kepada hacker,” tegas Sullivan.

Nah, bagi Anda yang ingin men-download game Fortnite di Android, Anda hanya harus mengakses situs resmi Epic Games. Jika sudah, ikuti saja petunjuk yang diberikan oleh Epic Games sampai akhirnya, game Fortnite berhasil di-install di smartphone Android dengan aman. (FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0