YouTube Luncurkan Live Rings, Wujudnya Mirip Fitur TikTok dan Instagram

Telset.id, Jakarta – YouTube meluncurkan fitur Live Rings, yang merupakan indikator jika ada kreator konten yang melakukan live streaming. Namun, fitur tersebut wujudnya mirip seperti fitur yang ada di TikTok dan Instagram.

Kehadiran fitur Live Rings diumumkan langsung oleh Chief Product Officer YouTube, Neal Mohan melalui akun Twitter pribadinya.

Ia mengatakan kalau fitur Live Rings bertujuan agar memudahkan pengguna untuk mengetahui jika ada kreator konten yang melakukan streaming. Fitur ini diluncurkan untuk pengguna smartphone baik Android atau iOS.

Baca juga: YouTube dan TikTok Paling Banyak Intip Data Pengguna

“Sangat terfokus sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan streaming langsung di @YouTube, jadi kami meluncurkan fitur Live Rings di perangkat seluler!,” jelas Neal Mohan.

Lebih lanjut Neal menjelaskan kalau Live Rings adalah penanda untuk menunjukkan kalau kreator konten sedang siaran langsung.

Fitur tersebut akan muncul di foto profil akun, dan bentuknya seperti cincin berwarna merah dengan tulisan “Live” di bagian bawah. Nantinya untuk menyaksikan live, pengguna tinggal mengetuk foto profil tersebut.

“Kreator konten akan memiliki cincin di sekitar avatar saluran dan mengklik avatar akan membawa Anda langsung ke streaming langsung,” tambahnya seperti dilansir Telset dari The Verge pada Jumat (25/2/2022).

Fitur Live Rings YouTube
Tampilan fitur Live Rings (sumber: Akun Twitter Neal Mohan)

Sepintas fitur ini mirip dengan yang ada di TikTok dan Instagram. Misalnya di TikTok saat kreator konten atau pengguna melakukan live, maka di foto profile akan muncul cincin berwarna ungu dengan efek berdetak dan tulisan “Live”.

FItur Live Rings YouTube TikTok Instagram
Bentuk Indikator live streaming yang ada di TikTok.

Sementara itu, di Instagram bentuknya juga sama yaitu cincin dan tulisan “Live” atau “Langsung” saat live streaming. Letaknya berada di bagian atas dan berdampingan dengan konten Instagram Stories.

Baca juga: YouTube Mulai Lirik Teknologi NFT dan Metaverse

Fitur Live Rings YouTube Instagram TikTok
Tampilan fitur live rings ala Instagram.

Sebelumnya menghadirkan fitur yang mirip dengan yang ada di aplikasi lain, pernah dilakukan YouTube lewat fitur YouTube Shorts. Shorts mirip dengan konten video di TikTok karena sama-sama menawarkan konten video pendek dengan format vertikal.

Selain itu Shorts juga dinilai mirip dengan Instagram Reels yang sudah diluncurkan sebelum adanya Shorts. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0