telset

YouTube Larang Video Prank Bird Box Challenge dkk

Telset.id, Jakarta – Menyikapi konten berbahaya yang sering ditemukan di platfom, YouTube pun akhirnya memperbarui kebijakan. Isinya, melarang tantangan atau video prank yang membahayakan.

Dikutip Telset.id dari The Verge, Rabu (16/01/2019), candaan membahayakan yang dilarang dalam kebijakan baru YouTube adalah yang mengakibatkan cedera fisik. Layanan streaming video milik Google ini tak mau lagi konten yang memuat aktivitas berbau kekerasan hadir di platform-nya.

“YouTube memang tempat bagi tantangan dan candaan yang disukai. Namun begitu, kami harus memastikan bahwa kelucuan yang tersaji tidak melewati batas sehingga berubah menjadi adegan berbahaya,” kata pihak YouTube.

{Baca juga: Isengin Teman dengan Kirim DM Instagram dari Artis}

Melalui peraturan baru tersebut, YouTube juga melarang semua video candaan yang dapat mengakibatkan anak-anak mengalami stres berat, termasuk berpotensi menimbulkan trauma seumur hidup.

Kebijakan baru YouTube diterapkan setelah warganet merasa resah oleh Bird Box Challenge, yang terinspirasi dari film berjudul sama yang tayang di Netflix. Tantangan itu mengharuskan si pemain melakukan aktivitas berbahaya dengan mata tertutup kain.

Banyak pembuat konten yang mengunggah konten lucu seputar aktivitas dengan mata ditutup. Sayangnya, tidak sedikit tantangan yang dibuat mengandung kesan berbahaya. YouTuber Jake Paul pun pernah mengikuti Bird Box Challenge.

{Baca juga: Bahaya! Tantangan Bird Box Akibatkan Kecelakaan Fatal}

Ia menggunakan penutup mata sambil menyeberang jalan yang ramai. Ia juga direkam saat menyetir mobil dengan mata tertutup. Akibat tantangan seperti itu, Netflix yang menayangkan Bird Box harus mengeluarkan pernyataan resmi.

Netflix meminta kepada penonton untuk tidak melakukan aktivitas berbahaya jika ingin meniru film tersebut. Tantangan berbahaya lain yang pernah muncul di YouTube dalah Tide Pod challenge, memakan detergen berbentuk bulat. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0