YouTube Kids Bantu Orangtua Batasi Anak Nonton Video

Telset.id, Jakarta  – YouTube berencana merilis aplikasi YouTube Kids non-algoritmik dan masuk daftar putih. Google telah memberi konfirmasi, mengumumkan cara kontrol baru bagi orangtua di YouTube Kids.

Menurut The Verge, seperti dikutip TechCrunch, kontrol baru tersebut dapat membatasi YouTube Kids hanya untuk menampilkan video yang dipilih sendiri, bukan yang dikurasi secara algoritma.

Ketika orangtua menonaktifkan pencarian di profil anak, opsi baru”hanya konten yang disetujui” dapat diaktifkan. Artinya, orangtua dapat mematikan pencarian serta membatasi video yang direkomendasikan ke orang-orang.

Ada juga cara tambahan untuk menyesuaikan di bagian “hanya konten yang disetujui”. Orangtua dapat memilih koleksi video yang dibangun oleh YouTube sendiri dan merek seperti Sesame Workshop dan PBS Kids.

Koleksi itu diurutkan berdasarkan kategori seperti “art, crafts, & DIY,” “gaming,” dan “learning.” Tidak ada yang dipilih sebelumnya sehingga orangtua harus secara sadar memilih konten yang ingin mereka tambahkan.

Versi mendatang YouTube Kids dikabarkan akan memungkinkan kontrol yang lebih terperinci. YouTube Kids bakal memungkinkan orangtua menyetujui video atau saluran individual.

Berita Terkait: YouTube Kids Versi Terbaru Segera Rilis

Ekspansi kontrol orangtua ke YouTube Kids datang karena berbagai kontroversi. Bulan lalu, laporan dari Business Insider menunjukkan bagaimana YouTube Kids menyarankan anak-anak menonton video teori konspirasi.

Pada 2017, perusahaan mendapat kecaman karena “Elsagate,” di mana video dengan konten aneh dan sering mengganggu karena menggunakan karakter dan superhero Disney yang dapat dikenali untuk mengelabui algoritma YouTube Kids. [SN/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here