YouTube Hapus Fitur Picture-in-Picture untuk iPhone iOS 14

YouTube iOS 14

Telset.id, Jakarta – YouTube memutuskan untuk menghapus dukungan mode PiP atau Picture-in-Picture untuk iPhone berbasis iOS 14. Kabar ini disampaikan oleh Eric Slivka dari MacRumors, seperti dilansir Ubergizmo.

Satu fitur milik iOS 14 adalah kedatangan dukungan untuk mode Picture-in-Picture jika pengguna memutar video YouTube. Untuk memanfaatkan fitur tersebut, pengguna tentu saja harus memperbarui atau update aplikasi.

YouTube diketahui telah melakukan uji coba mode Picture-in-Picture di aplikasi pada Agustus 2020 lalu. Namun, sampai sekarang, YouTube ternyata belum memperbarui aplikasi untuk mendukung Picture-in-Picture di iOS 14.

{Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Picture in Picture iOS 14 di iPhone}

Dengan kata lain, saat ini pengguna hanya dapat menggunakan fitur itu melalui situs YouTube di peramban Safari lewat iPhone. Akan tetapi, dukungan mode Picture-in-Picture di situs YouTube untuk iPhone dihapus.

Menurut Eric Slivka dari MacRumors, dikutip Telset.id, Senin (21/9/2020), hingga kini belum jelas apakah kendala disebabkan oleh bug atau YouTube memang menghapusnya. Sebab sebelumnya, fitur berfungsi baik.

Anehnya, fitur tersebut sepertinya masih berfungsi jika pengguna menonton video YouTube yang disematkan di situs. Beberapa berspekulasi bahwa YouTube mencoba mencegah pengguna non-Premium mengakses.

Picture-in-Picture masih berfungsi di YouTube versi iPad meski pengguna tidak berlangganan Premium. Pengguna iPhone sebaiknya tunggu perusahaan memperbarui aplikasi iOS jika ingin memanfaatkan fitur baru tersebut.

Sebelumnya, fitur Picture-in-Picture hanya diuji ke beberapa pengguna iPhone saja. Beberapa pengguna yang telah menjajal mengklaim bahwa fitur PIP untuk iOS 14 agak terbatas.

{Baca juga: Mirip Android, YouTube akan Uji Coba Fitur PIP untuk iOS 14}

Pasalnya, fitur hanya berfungsi dengan streaming langsung sebagai lawan dari video on-demand.

Sekali lagi, mengingat fitur masih dalam tahap uji coba mungkin tes, sangat masuk akal bahwa YouTube memang membatasi ruang lingkup. Tujuannya untuk melihat seberapa baik hasil dan respons pengguna.

Picture-In-Picture atau PIP sendiri adalah fitur yang cukup berguna untuk dimiliki dan akan sangat bagus jika pengguna iPhone dapat terus menonton video YouTube sambil menggunakan aplikasi lain. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here