Youtube Garap Proyek Video Positif Bareng Youtubers

Telset.id, Jakarta – YouTube baru saja mengumumkan bahwa pihaknya akan menginvestasikan 5 juta USD atau sekitar Rp 66 milyar, untuk bekerja sama dengan para Youtubers. Kerja sama ini dilakukan untuk membuat konten-konten video yang memiliki pesan positif, demi menciptakan perubahan dan memberdayakan kaum muda.

Investasi dengan nilai yang tidak sedikit ini akan berfokus kepada program “Kreator YouTube untuk Perubahan”, yaitu sebuah program 2 tahunan untuk meningkatkan kesadaran untuk melawan pesan-pesan atau ujaran kebencian dan juga rasa intoleransi .

Dalam pengumumannya, anak perusahaan Google tersebut mengatakan, bahwa program tersebut telah bermitra dengan 39 Youtubers atau pembuat konten di seluruh dunia sejak peluncurannya pada tahun  2016 lalu.

Dan  sejak saat itu pula Youtube telah merilis puluhan video untuk mempromosikan rasa empati dan rasa pengertian antarsesama. Termasuk juga membuat video-video yang menyentuh, membahas tentang rasisme, video kemanusiaan yang menampilkan para pengungsi, hingga konten yang mematahkan persepsi negatif seputar perempuan muslim.

Investasi ini memang sangat dibutuhkan YouTube untuk memulihkan citranya. Seperti yang kita tahu, beberapa waktu belakangan, layanan video ini sempat menjadi perbincangan  karena konten-konten videonya banyak sekali yang mengandung unsur yang tidak pantas.

Seperti misalnya video eksploitasi atau video teror, video skandal dan lainnya. Bahkan kreator video “PewDiePie” yang paling populer pun terkadang sarat dengan video rasis didalam kanal YouTube.

Banyak juga para pengiklan yang mulai menarik diri dari YouTube, alhasil perusahaan pun mengubah  kebijakannya, dan berjanji akan menyeleksi video secara detil bagi mitra iklannya di masa mendatang.

Dengan begitu banyak masalah seputar konten videonya, tidak mengherankan bila akhirnya YouTube meningkatkan kembali investasinya–demi meraih kembali citra positif  melalui video-videonya.

“Kami akan melibatkan lebih banyak pembuat konten dalam program ini, melibatkan banyak juga komunitas YouTubers, memberikan pendidikan baru tentang bagaimana menciptakan perubahan, dan memberdayakan lebih banyak orang muda untuk menggunakan suaranya untuk mendorong pesan sosial yang positif,” tulis YouTube dalam keterangannya.

Video juga merupakan alat yang ampuh untuk membuka pikiran terhadap perspektif baru dan media untuk berbagi pengalaman bersama. Demikian pernyataan Jupiter Downs, selaku Kepala Komunitas Kebijakan Youtube ,melalui blog YouTube nya.

Perusahaan yang bermarkas di California ini berencana akan mengumumkan siapa saja kreator-kreator yang akan bekerja sama dengan mereka beberapa bulan kedepan. [WIN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here