Xiaomi Tiru Apple Hilangkan Sensor Fingerprint?

sistem pengenalan wajah Android

Telset.id, Jakarta – Pada akhir 2017 ini, Apple membuat para penggemar teknologi di dunia bingung dikarenakan keputusan mereka untuk meniadakan Touch ID dan menggantinya dengan Face ID.

Memang, awalnya banyak orang yang tidak setuju dengan hal ini. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, semakin banyak orang yang menyukai teknologi tersebut. Maka tak heran, beberapa vendor smartphone ingin mengikuti langkah Apple tersebut.

[Baca Juga : Apple Kucurkan Rp 5,2 Triliun untuk Perkuat Face ID]

Salah satunya adalah Xiaomi, yang dikabarkan untuk meniadakan sensor fingerprint di smartphone mereka selanjutnya, yakni Mi 7. Mengutip dari laman BGR, sebagai gantinya, vendor asal Tiongkok tersebut akan menyematkan pemindai wajah 3D di perangkat tersebut.

Sebenarnya, hal ini sudah tidak terlalu mengherankan lagi. Hal ini dikarenakan seperti yang telah tim Telset.id wartakan sebelumnya, di 2018, tren keamanan di perangkat Android akan menuju ke teknologi pemindaian wajah.

[Baca Juga : Tahun Depan, Pemindai Wajah Bakal ‘Ngetren’ di Android]

Hal ini semakin diperkuat dengan kenyataan bahwa Samsung tengah membuat sistem pemindaian iris mereka. Di sisi lain, LG dengan G7 serta Huawei telah meluncurkan sistem pemindaian wajah hasil pengembangan mereka sendiri.

Namun, di sisi lain, penggunaan sensor fingerprint nampaknya masih akan digunakan oleh beberapa vendor, seperti Oppo dan Vivo. Hal ini dikarenakan versi terbaru dari sensor fingerprint ini memungkinkan vendor menyisipkannya di dalam layar.

Yah, tentunya jika berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan, pastinya antara sensor fingerprint dan pemindai wajah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada akhinya, konsumenlah yang akan memilih mana teknologi yang lebih disukai oleh mereka. [NC/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here