telset

WhatsApp Berpisah dengan BlackBerry di Akhir Tahun

Telset.id, Jakarta – WhatsApp mengumumkan kabar yang cukup mengejutkan. Aplikasi pesan instant terbesar di dunia ini menyatakan tidak akan lagi hadir di semua versi OS Blackberry, termasuk Blackberry 10, mulai akhir tahun 2016.

Selain BlackBerry, WhatsApp juga akan menarik diri pada beberapa platform lainnya, yaitu Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1, Android 2.2, dan Windows Phone 7.1.

Menurut WhatsApp, keputusan ini diambil sebagai bagian dari rencana mereka yang akan hadir di platform yang banyak digunakan orang. Oleh sebab itu, WhatsApp memutuskan untuk tidak lagi hadir di platform yang dianggap sudah tidak populer atau kurang penggunanya.

Bagi Anda pengguna handset BlackBerry yang juga sering menggunakan aplikasi WhatsApp, dianjurkan sudah mulai bersiap untuk hijrah ke sistem operasi Android atau iOS. Karena di kedua platform itulah Anda masih bisa menikmati layanan WhatsApp.

Tapi harap diketahui juga, jika Anda pengguna Android yang masih menggunakan versi Android 2.1 dan Android 2.2, dianjurkan untuk melakukan upgrade ke versi yang lebih baru, agar tetap bisa chatting di WhatsApp.

Pengumuman ini memang “terasa pahit” bagi BlackBerry, karena sepertinya sudah dipandang sebelah mata oleh WhatsApp, sebagai sistem operasi yang sudah sepi pengguna.

Padahal jika melihat sejarahnya tujuh tahun lalu saat WhatsApp baru lahir pada tahun 2009, sekitar 70% smartphone yang beredar di pasaran pasti menggunakan sistem operasi BlackBerry atau Symbian. Ya, saat itu BlackBerry sedang jaya-jayanya.

Sementara Android dan iOS saat itu masih berjuang merangkak di kelas bawah. Tapi kini semuanya telah berubah, dan keadaannya malah terbalik. Android, iOS dan Windows Phone yang menguasai pasar smartphone dan digunakan pada 99,5% perangkat mobile.

Tak heran jika WhatsApp kini hanya melirik Android dan iOS, sebagai platform yang paling banyak penggemarnya. Hal ini pun sejalan dengan rencana yang dicanangkan WhatsApp, dimana mereka ingin fokus pada platform yang banyak digunakan orang. [HBS]

 

2 KOMENTAR

  1. Gw Tipe Yg Setia Dgn Blackberry, Tdk Prnh Beralih Ke Android Apalagi iOS, Tp Koq WA Gak Setia Ya, Terserah Mereka Lah, Yg Pasi Gw Tetap Pakai  OS 10, Tdk Bisa Pindah Ke Lain Hati…!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0