WhatsApp Siapkan Fitur untuk Kirim Gambar Kualitas Tinggi

Telset.id, Jakarta – Di masa depan pengguna WhatsApp bisa mengirimkan gambar foto dengan lebih baik. Ini karena WhatsApp sedang mengerjakan fitur untuk kirim gambar berkualitas tinggi atau original.

Selama ini salah satu kelemahan WhatsApp adalah terjadi penurunan kualitas gambar, ketika kita mengirimkan pesan gambar ke pengguna lain. Sebab, WhatsApp secara otomatis mengurangi resolusi gambar yang dikirim untuk menghemat ruang dan bandwidth.

Hal ini tentunya sangat merugikan mereka yang menerima gambar, karena tidak bisa memperoleh gambar dengan kualitas asli. Sadar akan kekurangan tersebut, akhirnya WhatsApp bergegas untuk memperbaiki diri.

Ya, aplikasi perpesanan ini dikabarkan sedang mengembangkan fitur agar pengguna bisa mengirim gambar berkualitas tinggi atau asli.

Menurut laporan WABetaInfo, seperti yang dikutip Telset dari Gadget 360 pada Selasa (24/01/2023), fitur ini hadir di dalam aplikasi WhatsApp Beta versi terbaru Android 2.21.15.7.

Cara kerja fiturnya cukup sederhana. Ketika pengguna WhatsApp ingin mengirim gambar, silakan klik Settings atau Pengaturan di sebelah atas serta pilih Automatic, Best Quality atau Data Saver.

Apabila pengguna memilih Automatic atau Data Saver, maka foto akan dikompress sehingga kualitas akan menurun dari versi aslinya. Sementara jika memilih Best Quality, maka foto yang dikirim akan berkualitas tinggi atau sesuai dengan versi aslinya.

BACA JUGA:

Kirim Gambar WhatsApp
Wujud fitur kirim gambar berkualitas tinggi di WhatsApp

Belum ada informasi terkait kapan fitur kirim gambar berkualitas tinggi ini dirilis. Semoga saja segera diluncurkan mengingat fitur tersebut sangat membantu pengguna untuk mengirimkan gambar di chat WhatsApp.

WhatsApp Kembangkan Fitur Transfer Obrolan Tanpa Backup

Sebelumnya WhatsApp melakukan pengembangan fitur transfer obrolan atau chat. Rencananya WhatsApp akan menghadirkan fitur untuk melakukan transfer obrolan ke smartphone Android tanpa backup di layanan cloud seperti Google Drive.

Masih dari WABetaInfo, uji coba fitur transfer obrolan tanpa backup ini sedang dilakukan di aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.1.25 dan 2.23.1.26.

“Fitur ini masih dalam pengembangan tetapi kami dapat mengumumkan bahwa WhatsApp secara aktif bekerja untuk mengembangkan dan meningkatkan lebih lanjut fitur transfer obrolan untuk perangkat Android,” tulis WABetaInfo.

Seperti laporan-laporan lainnya, WABetaInfo juga membagikan screenshot terkait tampilan fitur tranfer riwayat obrolan WhatsApp yang sedang dibuat. Terlihat kalau di fitur tersebut pengguna tidak perlu mencadangkan atau backup ke Google Drive.

BACA JUGA:

Fitur WhatsApp Kirim Gambar

WhatsApp memudahkan proses pemindahan riwayat obrolan di WhatsApp, yakni melalui teknologi QR Code sehingga pengguna cukup memindai QR Code dari smartphone yang datanya ingin dipindahkan ke smartphone baru. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0