WhatsApp Bisa Unduh Gambar Terhapus Sejak Dua Bulan Lalu

gambar terhapus
whatsapp

Telset.id, Jakarta – WhatsApp merencanakan pembaruan fitur memungkinkan pengguna mengunduh kembali gambar lama dalam obrolan. Nantinya, gambar di WhatsApp bisa diunduh walau telah terhapus dari memori internal sejak dua bulan lalu.

Dilansir dari Daily Mail, rencana pembaruan fitur WhatsApp tersebut bertujuan untuk membantu pengguna mengembalikan gambar, video, animasi GIF, dokumen hingga rekaman suara yang telah dihapus sebelumnya. Namun dengan kemampuan itu, muncul kekhawatiran jika WhatsApp telah menyimpan informasi pribadi penggunanya di server mereka.

Baca Juga: Duh! Jutaan Siswa Ujian Ulang karena Soal Bocor di WhatsApp

Seperti diketahui sebelumnya, Facebook sebagai perusahaan induk WhatsApp tengah dirundung masalah penyalahgunaan 87 juta data penggunanya oleh perusahaan firma, Cambridge Analytica. Sehingga wajar rasanya jika publik khawatir dengan kemampuan baru WhatsApp tersebut.

Dikabarkan, pembaruan fitur untuk mengunduh kembali data-data media yang terhapus sejak dua bulan lalu akan tersedia untuk WhatsApp antara versi 2.18.106 dan 2.18.110. Pembaruan itu dipastikan akan hadir untuk Android, namun masih belum ada kepastian apakah pengguna iOS pun akan mendapatkannya.

Belum lama ini, WhatsApp juga telah melakukan pembaruan pada fitur rekam pesan suara untuk pengguna smartphone Android. Berkat pembaruan tersebut, pengguna tak perlu lagi terus-terusan memegang tombol untuk merekam obrolan.

Baca Juga: Rekam Pesan Suara WhatsApp Bisa Sekali Tekan

Untuk melakukan rekam pesan suara via WhatsApp di ponsel Android, pengguna nantinya cukup sekali menekan tombol lalu menggesernya ke atas, kemudian suara akan secara otomatis terekam. Opsi ini sendiri dapat digunakan pada WhatsApp versi 2.18.102 yang sudah tersedia di Google Play Store.

Lewat fitur baru ini juga, pengguna dapat melakukan perekaman sambil melihat obrolan yang diperlukan. Meski begitu, pengguna WhatsApp tak bisa mengetik pesan. Sama halnya, saat melakukan proses perekaman, pengguna tak bisa melihat foto atau video dan juga ketika pengguna meninggalkan laman obrolan, otomatis rekaman akan terhapus. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here