Wah, Facebook Punya Satuan Waktu Sendiri

Telset.id, Jakarta – Jam, menit, detik adalah satuan waktu yang resmi digunakan oleh seluruh negara di dunia. Meski hingga kini belum ada pengakuan resmi, namun nampaknya warga bumi akan memiliki satuan waktu baru. Apa itu?

Mulai saat ini kita warga bumi memiliki satuan waktu yang bernama Flicks. Apakah Anda baru mendengarnya? Ya, sama kami juga sama. Satuan waktu yang belum familiar di kuping semua orang di dunia ini merupakan temuan dari Facebook. Lalu untuk apa satuan waktu ini dibuat?

Ternyata, platform media sosial terbesar di dunia itu menciptakan satuan waktu Flicks untuk membantu para pengguna Facebook mengukur durasi frame video dari sebuah video atau lainnya.

Dengan menggunakan Flicks, para pengguna dapat dengan mudah mendeteksi apakah video yang mereka putar termasuk dalam 4hz, 25hz, 30hz, 48hz, 50hz, 60hz, 90hz, 100hz, atau 120hz.

Seperti mengutip dari laman The Verge, nama Flicks sendiri diambil dari kata ‘frame-tick’. Selain itu, Flicks sendiri adalah ‘satuan waktu terkecil yang lebih besar daripada satu nanodetik’, yang didefinisikan sebagai 1/705.600.000.

Sebagai perbandingan, sebuah nanodetik adalah 1 / 1.000.000.000 detik, membuat Flick kira-kira 1,41723356 nanodetik panjang.

Untuk pengaplikasian sendiri, para pengembang telah mempersiapkan sebuah aplikasi yang memiliki dasar pemrograman C++. Nantinya, para profesional di bidang animasi, efek visual, dan lainnya dapat dengan tepat membuat sebuah ‘frame video’ dengan waktu yang konstan.

So, pada intinya, satuan waktu ini tidak akan mengubah satuan waktu yang kini sudah ada. Dan, satuan waktu ini memang ditujukan secara khusus ke beberapa orang saja. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here