Update MIUI 12.5 Bawa Fitur Pure Mode, HP Dijamin Lebih Aman

Telset.id, Jakarta – Sistem operasi MIUI 12.5 mendapatkan update yang menghadirkan fitur keamanan bernama MIUI Pure Mode. Apa fungsinya?

Sebagaimana dilansir dari Gizchina, Selasa (7/9/2021), Xiaomi baru-baru ini memperkenalkan update terbaru MIUI 12.5 dan MIUI 12.5 Enhanced Edition.

Update tersebut sudah diluncurkan di beberapa wilayah di China. Salah satu fitur yang menarik perhatian adalah MIUI Pure Mode. Kabarnya, fitur ini akan membantu pengguna untuk melindungi ponsel mereka dari aplikasi berbahaya.

{Baca Juga: 10 HP Xiaomi Terbaru 2021, Spek Gahar Bisa 5G}

Xiaomi mengatakan bahwa Android merupakan sistem yang cukup terbuka apabila dibandingkan dengan iOS. Ini membuat pengguna akan sangat rentan menjadi korban dari aplikasi jahat.

Produsen smartphone asal China tersebut menambahkan, sekitar 40% aplikasi yang diinstal oleh pengguna MIUI gagal lolos dari audit keamanan perusahaan, sementara 10% lainnya memiliki potensi risiko.

Untuk mengatasi masalah ini, Xiaomi meluncurkan MIUI Pure Mode yang dapat mencegah pengguna untuk menginstal aplikasi melalui sumber eksternal dan memblokir segala jenis instalasi yang dilakukan tanpa persetujuan pengguna sebagai proses latar belakang.

{Baca Juga: Xiaomi Masuk Industri Mobil Listrik, Siapkan Xiaomi EV}

Yang perlu diperhatikan adalah, tidak seperti Apple, Xiaomi akan membiarkan penggunanya menonaktifkan fitur khusus ini jika mereka ingin menginstal aplikasi melalui sumber lain.

Untuk saat ini, tidak diketahui kapan fitur ini akan masuk ke versi stabil dari MIUI. Begitu juga dengan ketersediaannya secara global.

Update Android 12 untuk MIUI 12.5

MIUI Pure Mode

Xiaomi dilaporkan mulai menggulirkan update Android 12 untuk beberapa smartphone yang sudah menggunakan MIUI 12.5. Pasalnya, beredar bocoran terkait ponsel Xiaomi mana saja yang akan memperoleh pembaruan Android 12. Bocoran ini terlihat masuk akal dan sesuai dengan spesifikasinya.

{Baca Juga: Poco Store Pertama di Dunia Hadir di Indonesia, Ada Skatepark-nya!}

Selain smartphone Xiaomi, sejumlah merek sub-brand seperti Redmi, POCO, dan Black Shark juga tercantum dalam daftar ini. Sumber menyatakan bahwa daftar ini disusun berdasarkan informasi dari internal.

Beberapa perangkat ini masih dalam status beta di bagian internal atau closed beta bagi beberapa pengguna saja. Untuk daftar lengkapnya, Anda bisa langsung menuju artikel update Android 12 untuk Xiaomi. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0