Lewat Android 11, Tombol Power Smartphone Bisa ‘Nyalain’ Lampu Rumah

Telset.id, Jakarta – Tombol power di smartphone Android ke depannya mungkin akan memiliki banyak tugas, alih-alih hanya menampilkan opsi mematikan atau restart smartphone saja. Pasalnya, Google memutuskan untuk menambahkan berbagai tugas tambahan untuk tombol power pada smartphone berbasis Android 11.

Fakta ini diperkuat dengan adanya bocoran gambar yang memperlihatkan mockup menu ketika tombol power ditekan dan ditahan.

Dilansir Telset.id dari GSMArena, Selasa (02/06/2020), tombol power di smartphone Android 11 nantinya akan punya tugas untuk mengakses Google Assistant, Quick Controls, smart home, dan lainnya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Fungsi standar, seperti Power Off, Lockscreen, Emergency, hingga Restart ditempatkan di bagian atas menu. Sedangkan tugas-tugas lainnya ditaruh di menu bagian tengah dan bawah.

Google pun ingin memaksimalkan ekosistem smart home di Android 11. Oleh sebab itu, banyak sekali menu untuk mengatur perangkat pintar hanya dengan menekan tombol power di smartphone.

Misalnya, menyesuaikan lampu pintar di rumah, thermostat, kamera keamanan, dan perangkat berbasis IoT lainnya. Pengguna dapat mengontrolnya dengan menekan dan menahan tombol power atau mengetuk layar satu kali saja.

Fitur ini diharapkan bakal diumumkan Google di acara peluncuran Android 11 pada 3 Juni mendatang. Akan tetapi, peluncuran ini terpaksa ditunda gara-gara terjadi kerusuhan di Amerika Serikat (AS) seiring kematian warga kulit hitam bernama George Floyd.

{Baca juga: Amerika Rusuh, Google Tunda Peluncuran Android 11}

“Kami senang memberi tahu Anda lebih banyak tentang Android 11. Namun, sekarang bukan saatnya untuk melakukan perayaan,” jelas Google dalam sebuah pesan di situs pengembang Android, seperti dilansir Reuters.

Peluncuran Android 11 awalnya dijadwalkan pada 3 Juni 2020. Namun, lewat pengumuman di Twitter, Google menundanya dan akan memberi pengumuman lebih lanjut tentang versi baru Android tanpa menentukan tanggal. (MF)

SourceGSMArena

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -