Tokopedia Punya Widget di iOS 14 untuk Mudahkan Pengguna

Tokopedia Widget iOS 14

Telset.id, Jakarta – Tokopedia memberikan sederet inovasi bagi seluruh pengguna termasuk pengguna iOS. Salah satu inovasi Tokopedia adalah widget khusus di iOS 14 sehingga pengguna bisa lebih mudah ketika menggunakan Tokopedia. 

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Rabu (28/10/2020) berbagai inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran Head of Engineering Tokopedia Tonito.

Tonito merupakan salah satu software engineer yang terlibat sejak pengembangan tahap awal aplikasi iOS Tokopedia.

Selama mengembangkan aplikasi iOS Tokopedia terdapat 4 inovasi digital yang dihasilkan oleh Tonito beserta timnya yang terdiri dari 50 engineers di Tokopedia. Pertama adalah widget Tokopedia di iOS 14. 

{Baca juga: Tokopedia dan Kominfo Gelar DEA, Pelatihan Digital untuk UMKM}

Widget tersebut menawarkan berbagai kemudahan, yang bisa dirasakan langsung oleh pengguna Tokopedia.

Pengguna Tokopedia dan iOS dapat dari homepage tanpa harus membuka aplikasi Tokopedia. Kemudahan ini berguna bagi pengguna yang ingin memantau transaksi atau berkomunikasi dengan penjual maupun pembeli.

Tokopedia Widget iOS 14
Head of Engineering Tokopedia, Tonito (Sumber : Tokopedia)

Kedua adalah fitur NFC iPhone yang dapat terintegrasi dengan Tokopedia. Fitur NFC di iPhone memungkinkan pengguna iOS Tokopedia melakukan pengecekan,top-up hingga update saldo kartu uang elektronik langsung dari perangkat pribadi secara mudah dan cepat.

Ketiga, Dark Mode. Saat ini, lebih dari 90% halaman Tokopedia telah dikonversi menjadi dark mode.

Fitur ini diharapkan dapat lebih memanjakan mata pengguna saat menggunakan aplikasi Tokopedia terutama di malam hari sekaligus membantu menghemat baterai. 

Keempat atau terakhir adalah Tokopedia di Apple Watch. Menurut Tonito, inovasi ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses aplikasi Tokopedia melalui Apple Watch. 

“Inovasi ini memungkinkan masyarakat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch, mulai dari mencari produk, memantau status pembelian, mengecek notifikasi hingga kemudahan membuka aplikasi Tokopedia melalui fitur ‘Buka di HP’,” kata Tonito. 

{Baca juga: Hari Batik Nasional, Penjualan Masker Batik di Tokopedia Meningkat}

Sederet inovasi tersebut membuat Tokopedia mendapatkan pengakuan dari Apple sebagai penyedia platform global. 

Selain itu aplikasi ini juga masuk dalam kategori “Great on iOS 14” dan ditampilkan di halaman depan AppStore pada Oktober 2020.

Terakhir Menyambut Sumpah Pemuda, Tokopedia menegaskan komitmen #SelaluAdaSelaluBisa memfasilitasi talenta muda terbaik dalam berkarya bagi Indonesia melalui teknologi.

“Kami akan terus berkolaborasi bersama mitra strategis–misalnya lewat START Summit Extension maupun Apple Developer Academy untuk mengasah talenta digital Indonesia.

Ini demi memajukan ekosistem industri teknologi tanah air agar dapat bersaing di pasar digital global,” tutup Tonito. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here