Telset.id, Jakarta – Belanja online masih menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pasca pandemi. Tingginya animo masyarakat tercermin dari data tren belanja online di Tokopedia sepanjang kuartal III (Q3) tahun 2023.
Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega mengatakan beberapa kategori
produk yang paling laris di Tokopedia selama kuartal III 2023, antara lain Fesyen, Otomotif,
Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries seperti Makanan dan
Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh.
“Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, pakaian adat, seragam koki dan long john menjadi beberapa produk terlaris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat,” ujar Antonia melalui keterangan resmi yang diterima pada Sabtu (16/09/2023).
Di sisi lain, pada kategori produk Otomotif, beberapa produk yang paling banyak dibeli masyarakat lewat Tokopedia, yaitu mobil, motor dan kunci helm, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat.
BACA JUGA:
- Jurus Tokopedia Tingkatkan Pengalaman ke Pelanggan dan Mitra
- START CX FIRST Summit, Cara Tokopedia Tingkatkan Kualitas Customer Experience
Sementara pada kategori produk Elektronik, beberapa produk terlaris di Tokopedia, antara lain monitor komputer, optical drive dan perangkat membaca buku digital atau e-reader, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat.
“Selain itu, pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, kemasan makanan dan minuman seperti food paper bag, box kardus makanan dan paper rice bowl, dekorasi serta kotak surat menjadi sejumlah produk terlaris, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat,” sambung Antonia.
Masih berdasarkan tren belanja online Tokopedia di Q3 2023, pada kategori produk Groceries di Tokopedia, obat mual dan pencernaan, foot spray dan cuka apel menjadi sejumlah produk yang paling laris. Rata-rata terjadi peningkatan transaksi lebih dari 10,5 kali lipat untuk jenis produk tersebut.
“Untuk mempermudah masyarakat mengakses produk kebutuhan sehari-hari atau groceries seperti makanan dan minuman, produk kesehatan serta perawatan tubuh Tokopedia menyelenggarakan berbagai kampanye menarik,” ungkapnya.
BACA JUGA:
- Transaksi Tokopedia di Indonesia Timur Naik 8 Kali Lipat
- Penjualan Makanan Anak di Tokopedia Naik Hampir 3 Kali Lipat
Terakhir diumumkan pula kalau program Hyperlocal Tokopedia mendorong jumlah penjual di sejumlah wilayah naik 4,5 kali lipat.
Saat ini, di Tokopedia telah ada lebih dari 14 juta penjual, dimana hampir 100% pelaku UMKM. Lalu masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia bisa mengakses lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar melalui Tokopedia.