TikTok Punya Widget Pencarian, Permudah Cari Video Viral!

Telset.id, Jakarta – TikTok meluncurkan fitur widget pencarian di aplikasi Android dan iOS, sehingga memudahkan pengguna dalam mencari konten video menarik dan viral melalui smartphone.

TikTok saat ini tidak hanya dianggap sebagai aplikasi berbagi video pendek saja.  Menurut Presiden Senior Google Prabhakar Raghavan, yang mengepalai unit pengetahuan dan informasi Google, menjelaskan kalau anak muda banyak mencari informasi berdasarkan konten, bukan kata kunci.

“Kami terus belajar, berulang kali, bahwa pengguna internet baru tidak memiliki ekspektasi dan pola pikir yang biasa kami gunakan. Pengguna ini cenderung tidak mengetik kata kunci, melainkan mencari konten di cara baru yang lebih imersif,” kata Raghavan.

BACA JUGA:

Alhasil mereka lebih memilih TikTok dan Instagram, ketimbang Google Maps atau Google Search untuk mencari informasi dari smartphone.

“Dalam penelitian kami, sekitar 40% anak muda, saat mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Search. Mereka pergi ke TikTok atau Instagram,” ungkapnya.

Sadar akan potensi tersebut, TikTok meluncurkan fitur pencarian di layar utama HP. Tampak seperti dalam gambar di bawah, kalau pengguna TikTok bisa memasang widget pencarian di layar utama smartphone.

Dengan begitu mereka tinggal menulis kata tertentu untuk mencari informasi, atau bisa juga memposting konten dengan menekan konten Post. Begitu juga ada Following, dan Inbox untuk mengecek pesan yang masuk.

Cara menampilkan widget pencarian di TikTok, cukup mudah. Bagi pengguna iPhone tekan layar beranda cukup lama hingga muncul ikon Jiggle Mode. Berikutnya ketuk tombol “+” di kiri atas layar, dan tulis  TikTok di kolom Search Widgets. 

Selanjutnya pilih widget TikTok yang bertanda Search, dan ketuk tombol biru Add Widget di bagian bawah layar. Usai widget dipasang, ketuk tombol Done di kanan atas layar.

Widget Pencarian TikTok iOS
Widget Pencarian TikTok di HP iOS

Sementara untuk pengguna Android, buka klik layar beranda cukup lama hingga muncul 3 opsi yaitu Wallpaper & style, Widget, dan Home settings dan lalu pilih Widget.

Ketik TikTok di kolom pencarian dan Anda akan melihat semua widget TikTok yang tersedia. Pilih widget Search, berikutnya tekan lama pada widget dan widget akan muncul di layar beranda HP.

BACA JUGA:

Widget Pencarian TikTok Android
Widget Pencarian TikTok di Android

Dikutip Telset dari Phone Arena pada Senin (15/05/2023), Widget Pencarian di TikTok hadir di semua pengguna Android dan iOS diseluruh dunia secara bertahap. Jadi silakan cek smartphone Anda, apakah fitur tersebut sudah ada atau belum. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI