Asyik! Aplikasi TikTok Segera Tersedia di Smart TV LG

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – TikTok resmi mengumumkan hadirnya layanan mereka ke perangkat smart TV. Pada tahap awal ini, aplikasi TikTok akan tersedia di smart TV LG untuk model 2020 dan 2021.

Smart TV LG dengan webOS 5.0 dan webOS 6.0 sudah memiliki aplikasi ini. Pembaruan mulai diluncurkan untuk model ini pada 7 Oktober 2021.

Namun, TV pintar LG 2019 dan model lama akan mendapatkan pembaruan ini dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan tidak memberikan timeline khusus untuk model lama ini untuk mendapatkan pembaruan.

Baca Juga: Durasi Video TikTok akan Diperpanjang

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari LG atau TikTok untuk smart TV terkait wilayah mana saja yang mendapatkan pembaruan tersebut.

Namun, Samsung TV, Android TV, dan Fire TV dapat menggunakan aplikasi ini di Inggris, Prancis, dan Jerman. Spekulasi menyebutkan bahwa wilayah yang sama juga akan menjadi yang pertama mendapatkan aplikasi TikTok untuk smart TV besutan LG.

TikTok telah dibuat dan dioptimalkan untuk tampilan vertikal di smartphone. Menarik untuk melihat bagaimana sentuhan yang diberikan oleh TikTok pada aplikasinya yang ada di smart TV.

Dilansir dari GizChina, Senin (11/10/2021), inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat jangkauan TikTok di berbagai bidang, dan juga dapat memperoleh biaya iklan yang lebih tinggi dari menonton TV.

TikTok Lebih Disukai Netizen Dibanding YouTube

tiktok smart tv

Popularitas YouTube berhasil digeser oleh TikTok. Terbukti, dalam laporan dari lembaga riset App Annie yang baru, pengguna Android di Amerika Serikat dan Inggris lebih suka nonton video TikTok ketimbang YouTube.

Laporan yang dirilis App Annie ini didapatkan dari durasi waktu pengguna Android di Amerika Serikat dan Inggris saat menonton konten di TikTok dan YouTube, terhitung sejak tahun 2019 sampai Juni 2021.

Baca Juga: Warganet Lebih Suka Nonton Video TikTok Ketimbang YouTube

Durasi nonton video di TikTok untuk periode April sampai Juni 2021 tercatat mengalahkan YouTube. Di rentang Maret sampai April 2021, pengguna menonton video di platform dengan durasi rata-rata 23 jam per bulan. Sementara Mei sampai Juni 2021, meningkat hingga 24 jam rata-rata per bulannya.

Di periode yang sama, hal berbeda terjadi pada YouTube. Durasi menonton video di YouTube menurun dari 24 jam ke 23 jam per bulan. Di bulan Mei hingga Juni 2021, rasionya cenderung stagnan 23 jam per bulannya.

Baca juga: TikTok Bikin Acara “The Greatest Gamer”

Popularitas TikTok daripada YouTube jelas terlihat di Inggris. Dominasi TikTok sudah terdeteksi sejak Mei 2020, ketika aplikasi buatan ByteDance itu mengalahkan YouTube dengan durasi menonton per bulan mencapai 19 jam berbanding 18 jam.

Di bulan-bulan berikutnya, TikTok terus meninggalkan jauh YouTube. Bahkan untuk data Juni 2021, durasi pengguna Android nonton video di TikTok mencapai 25 jam per bulan, berbanding 15 jam per bulan yang diraih YouTube di periode yang sama. [HR/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI