telset

Terjemahan Real-time Hadir di Headphone dengan Google Assistant

Telset.id, Jakarta – Membuka kamus tebal demi mengetahui arti sebuah kata dalam bahasa asing sepertinya telah menjadi cerita usang. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, ketika Google Translate bahkan telah didukung oleh lebih banyak platform, termasuk headphone.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo, Senin (15/10), raksasa teknologi ini menghadirkan kemampuan terjemahan secara langsung atau real-time ke semua headphone yang didukung Google Assistant.

Kabar ini berhembus setelah Droid-Life menemukan pernyataan Google tentang Google Pixel Buds yang berbunyi “Google Translate tersedia di semua headphone Google Assistant dan ponsel Android,”.

Maka Google Translate langsung menerjemahkan bahasa dari orang lain yang berbicara di depan pengguna. Hasil terjemahan itu langsung diperdengarkan ke telinga pengguna melalui Headphone mereka.

Baca Juga : Fitur Kamera Google Translate Bisa Terjemahkan 39 Bahasa

Google Pixel Buds adalah fitur yang sudah diluncurkan pada tahun lalu. Earphone tersebut memberikan pengguna kemudahaan dalam melakukan penerjemahan secara real-time. Tetapi kehadiran Google Pixel Buds tidak membuat Google berpuas diri dengan terus membuat fitur terbaru terkait platform terjemahannya.

Menurut Droid-Life, mereka pun melakukan pengujian terkait fitur baru Google tersebut. Hasilnya  perubahan Google Translate tersebut berfungsi cukup baik bahkan untuk perangkat Android non-Pixel. Sedangkan bagi headphone Bose QC35 11 yang didukung Google Assistant dapat dipastikan akan mendapat pembaruan fitur tersebut dengan kemampuan yang maksimal.

Baca Juga : Demam Piala Dunia, Bahasa Rusia Terpopuler di Google Translate

Akhir-akhir ini Google memang rajin memperbarui aplikasi-aplikasi besutannya, termasuk pada fitur terjemahan Kamera (camera translation) di Google Translate. Pembaruan tersebut adalah dengan menambah 13 bahasa baru.

Total, kini Google Translate memiliki 39 bahasa yang bisa diterjemahkan setelah ada pembaruan fitur Kamera Google Translate. 13 bahasa baru yang ditambahkan pada fitur Kamera Google itu antara lain Arab, Thai, Vietnam, Hindi, Bengali, Gujarati, Kannada, Malayalam, Marathi, Nepali, Punjabi, Tamil, dan Telugu.

Fitur terjemahan Kamera ini sangat membantu penggunanya, terutama pelancong, untuk mengetahui terjemahan kata-kata asing dengan hanya memfoto tulisan dengan kamera smartphone.

Baca Juga : Bikin Ngakak, Begini  Google Translate Terjemahkan Kaum Bumi Datar

Hasil terjemahan akan ditampilkan berdampingan dengan foto dalam jendela terpisah seperti melakukan terjemahan biasa.

Aplikasi ini membuat pengguna bisa menerjemahkan antara dua bahasa yang tercantum di atas, misalnya menjepret foto Bahasa Thai dan menerjemahkan ke bahasa Arab atau Bahasa Tamil ke Bahasa Hindi dan seterusnya. [NM/IF]

Sumber : Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0