telset

Tak Ingin ‘Diintai’ Facebook? Begini Caranya!

Telset.id, Jakarta – Para pengguna Facebook terkadang tidak menyukai fitur pelacak lokasi yang ditanamkan di platform tersebut. Alasan yang paling banyak disebutkan pengguna adalah karena tak ingin privasinya terganggu. Lantas, bagaimana caranya agar tidak terlacak Facebook?

Meski terkadang ada positifnya, namun nyatanya fitur palacak yang ada di Facebook tidak terlalu disukai kehadirannya. Hal ini dikarenakan para pengguna ingin memiliki privasi mereka sendiri, dan tidak ingin memberi tahu lokasi dimana dia berada ke teman yang ada di daftar pertemanan mereka.

Facebook memiliki fitur pelacak lokasi bernama Nearby Friends. Fitur ini sudah ada di aplikasi Facebook semenjak 2014 silam, baik di Android maupun iOS. Fitur ini memiliki kemampuan untuk membaca lokasi pengguna, dimana jika dua orang yang saling berteman berada di lokasi yang berdekatan akan memunculkan notifikasi.

Nah, cara menonaktifkannya sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal masuk ke aplikasi Facebook di perangkat Anda, kemudian ketuk ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas aplikasi.

Setelah menu baru terbuka, geser ke bawah hingga Anda menemukan fitur Nearby Friends. Ketuk menu tersebut, maka menu baru akan terbuka.

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengetuk ikon gir yang ada di pojok kanan atas aplikasi.

Setelah diklik dan menu baru muncul, matikan tombol di sebelah tulisan Nearby Friends. Saat dimatikan, akan muncul popup pilihan. Pilih Turn off Nearby Friends.

Selain menjaga privasi para pengguna, mematikan fitur ini juga akan membuat penggunaan baterai jauh lebih awet, karena aplikasi yang berfungsi sebagai GPS untuk mengakses lokasi menjadi berkurang. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0