Sstt.. HRD ‘Zaman Now’ Intip Aktivitas Sosial Media Karyawan

Telset.id, Jakarta – Aktivitas Anda di sosial media bisa jadi boomerang untuk potensi karier Anda. Sudahkah Anda menyadari hal ini? Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan-perusahaan kini ternyata menjadikan sosial media sebagai ‘alat’ atau cara untuk mengetahui kredibilitas kepribadian Anda.

Tidak peduli apakah Anda sudah tercatat sebagai karyawan atau masih dalam proses perekrutan, akun media sosial akan memberikan pengaruh yang cukup besar.

Yang pertama, pandangan politik yang Anda publikasikan di akun Facebook atau Twitter. Kemudian yang ke-2, jepretan-jepretan selfie yang mendominasi halaman akun Instagram. Ini juga bisa menjadi pertanyaan besar untuk perusahaan yang sebenarnya berniat merekrut Anda dalam waktu dekat.

Memang, tidak ada yang salah dengan pandangan politik, karena toh setiap individu dibebaskan untuk memiliki pandangan politiknya masing-masing. Tetapi yang salah adalah, mempublikasikannya ke akun media sosial, terlebih dengan konten yang menyindir seseorang atau pihak lainnya.

Seperti pernah dilansir Time, Alison Green, mantan manager departemen SDM di askamanager.org mengatakan bahwa media sosial saat ini sudah sangat melekat ke dalam kehidupan seseorang sampai-sampai mereka lupa bahwa tidak semua hal pantas untuk dipublikasikan di sana.

Bagaimana dengan mengekspresikan kekesalan terhadap pekerjaan di media sosial? Hati-hati. Ini juga tidak kalah membahayakan diri sendiri. Badan Ketenagakerjaan di AS, National Labor Relations Board pun sudah mengatur tentang ini. bahwa mengeluhkan kondisi kerja Anda di perusahaan tempat Anda bekerja di media sosial termasuk dalam kasus yang bisa ditindak serius.

Kemudian, ini mungkin salah satu poin yang seringkali tidak sadar Anda lakukan. Sharing di sosial media di waktu semestinya Anda bekerja. Bukan hanya menyita waktu dan membuat Anda tidak produktif, kegiatan ini bisa merefleksikan kurangnya tanggung jawab Anda dalam bekerja.

Dalam level tertentu yang masih bisa ditoleransi, mungkin hal ini tidak akan jadi masalah. Tapi jika sudah melampaui batas, sesuatu yang buruk bisa saja terjadi pada Anda apalagi jika staf HRD sudah ‘mengendus’ kebiasaan Anda ini.

Kredibilitas dalam dunia kerja adalah hal yang penting. Dan tidak dapat dipungkiri, mendeskripsikan kredibilitas Anda di akun pribadi media sosial adalah salah satu cara berkomunikasi tidak langsung dengan Departemen SDM di luar sana. Jadi, sudahkah Anda mendeskripsikan kredibilitas Anda dengan baik di akun media sosial Anda? [WIN/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here