Soal Musik, Cortana Tak Sepintar Google Assistant

Cortana di Skype

Telset.id, Jakarta – Microsot mulai awal 2018 ini secara resmi menutup layanan musik mereka yang bernama Groove Music, dan akan digantikan dengan Spotify. Dihapusnya fitur ini akan membuat Cortana menjadi kalah pintar jika dibandingkan Google Assistant. Lho kok bisa?

Seperti diketahui selama ini pengguna Groove Music dapat mencari lagu dengan hanya menekan ikon ‘musik’ di dalam tampilan antarmuka Cortana, saat sebuah lagu didendangkan. Selanjutnya, Cortana secara otomatis akan memindai lagu tersebut, dan mencocokkannya dengan data yang ada di penyimpanan Groove Music.

[Baca juga : Groove Music Tak Laku, Microsoft Pilih Spotify]

Namun, dikarenakan kini Groove Music tidak lagi ada, maka secara otomatis Cortana kehilangan tempat untuk mencari lagu yang diinginkan oleh pengguna. Penghapusan Groove Music sendiri sudah dikonfirmasi oleh pihak Microsoft melalui kepala pengembangan Cortana John Deakins.

Tapi, hingga saat ini, ikon pencarian musik ini masih muncul dalam tampilan antarmuka Cortana. Para pengguna yang iseng untuk mencoba mencari lagu akan mendapatkan pesan ‘lagu tak dikenal’ di kolom hasil pencarian.

Masih tidak diketahui, apakah nantinya pihak Spotify akan bekerja sama dengan Microsoft untuk mengaktifkan kembali fitur ini di Cortana. Namun yang pasti, Microsoft tidak akan bisa menggunakan layanan Shazam, karena sudah dibeli oleh pihak Apple.

[Baca juga: 6 Perintah Unik Untuk Google Assistant]

Berbeda dengan Cortana, pengguna perangkat Google bisa mencari sebuah lagu dengan menggunakan Google Assistant. Caranya, Anda tinggal putar lagu yang ingin Anda cari dan mengaktifkan mikrophone di Google Assistant secara bersamaan.

Nantinya, Google Assistant akan secara otomatis menampilkan hasil pencarian lagu tersebut untuk Anda. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here