Snapchat Ajukan Paten Pendeteksi Suasana Hati

Telset.id, Jakarta – Snapchat memanfaatkan teknologi pengenalan wajah untuk menentukan suasana hati, apakah bahagia, sedih, atau takut, saat menghadiri berbagai acara. Dari teknologi itu, Snapchat bisa menghasilkan uang.

Menurut Business Insider, Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat mengaku telah menerima paten berjudul “Determining the mood for a group” dari Snapchat. Permohonan paten tersebut sempat diajukan pada April 2015.

Paten itu berisi cara menilai suasana hati orang berdasarkan foto selfie dan pesan yang dikirim pengguna melalui Snapchat. Teknologi tersebut juga memuat pemeringkatan skor, menyatakan bagaimana perasaan seseorang.

Baca juga: Lensa Baru Snapchat Pintar Berbahasa Inggris

Menurut dokumen paten, Snapchat akan memantau emosi kelompok orang di suatu acara atau lokasi. Snapchat menggunakan data lokasi dan sinyal untuk menentukan di mana orang-orang bisa dikumpulkan. Perusahaan menyediakan beberapa contoh lewat diagram.

Snapchat kemungkinan bakal mengenakan biaya kepada penyelenggara acara untuk memantau bagaimana perasaan penonton. Penyelenggara yang dimaksud meliputi promotor acara, tuan rumah, manajer, atau sejenisnya.

Baca juga: Pengidap ‘Snapchat Dysmorphia’ Nekat Operasi “Wajah Editan”

“Modul acara memungkinkan berbagai struktur biaya dibebankan kepada pihak ketiga. Sebagai contoh, entitas pihak ketiga dikenai biaya per lokasi penggunaan suasana hati sistem deteksi atau untuk eksklusif atau sebagian eksklusif,” ujar Snapchat.

Snapchat memang telah mengajukan banyak paten untuk pengenalan wajah dan teknologi pengenalan emosi yang sampai kini belum diterapkan di aplikasi. Satu di antaranya adalah pemblokiran wajah orang-orang dengan emoji. [SN/HBS]

Sumber: Business Insider

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0