Siapkan Origin OS, Vivo Mau Pensiunkan FunTouch OS?

origin os

Telset.id, Jakarta – Kebanyakan vendor smartphone saat ini sudah memiliki user interface (UI) sendiri, seperti Vivo yang menggunakan FunTouch OS. Namun berhembus kabar bahwa Vivo akan “mematikan” FunTouch OS dan menggantikannya dengan Origin OS.

Laporan ini diketahui dari sebuah postingan pengguna Weibo yang populer @DigitalChatStation. Menurutnya, FunTouch OS tidak akan lagi digunakan dan perannya digantikan oleh Origin OS.

Seperti dilansir Telset.id dari GizChina, Selasa (27/10/2020), Origin OS disebut akan menawarkan peningkatan yang lebih baik dari generasi sebelumnya. UI ini juga akan hadir dengan fitur baru dan lengkap.

Lebih lanjut laporan tersebut juga mengklaim bahwa UI tersebut akan tiba antara bulan November dan Desember tahun ini. Bocoran juga menyebutkan bahwa Vivo X60 akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan tampilan antarmuka baru ini.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Vivo Terbaru}

Pada periode yang sama tahun lalu, Project Manager Vivo FunTouch OS membuat sebuah postingan di Weibo yang mengumumkan vesri terbaru dari JoviOS. Saat itu beredar spekulasi bahwa JoviOS bakal menjadi sistem baru smartphone Vivo.

Namun sampai saat ini tidak ada kabar lanjutan mengenai JoviOS. Malah laporan yang menyebutkan hadirnya Origin OS yang digadang-gadang sebagai pengganti FunTouchOS.

Sebelumnya Vivo Indonesia baru saja meluncurkan yakni Vivo V20 dan Vivo V20 SE. Keduanya sama-sama menawarkan keunggulan di sektor kamera, khususnya kamera depan.

Seperti di Vivo V20 misalnya, smartphone anyar ini dibekali dengan kamera depan 44 MP Eye Autofocus. Berkat fitur autofocus yang mumpuni, pengguna sudah bisa mengambil foto selfie dari jarak dekat mulai dari 15cm.

{Baca Juga: Review Vivo V20: Performa Lumayan, Kamera Memikat}

Selain itu, kamera depan ini sudah mampu merekam video dengan resolusi 4K. Didukung juga dengan fitur Steadyface Selfie Video guna menghasilkan video yang minim getaran.

Pada kamera bagian belakangnya mengusung setup triple camera. Komposisinya terdiri dari kamera  utama 64 MP, kamera super wide angle 8 MP dan kamera mono 2 MP.

Banyak fitur kamera yang dibenamkan di Vivo V20. Mulai dari Dual View Video, Slo Mo Selfie Video, Super Night Selfie, Tripod Night Mode, dan banyak lagi lainnya.

Sementara itu, Vivo V20 SE dibekali dengan kamera depan 32 MP Super Night Selfie. Sesuai namanya, kamera ini bakal memberikan hasil maksimal saat digunakan memotret di malam hari.

Kamera belakangnya juga terdiri dari tiga kamera, kamera utama 32 MP, kamera wide 8 MP dan kamera mono 2 MP.

{Baca Juga: Review Vivo V20 SE: Fitur Downgrade, Harga Lebih Terjangkau}

Spesifikasi Vivo V20 dan V20 SE nyaris serupa. Seperti layar AMOLED berukuran 6,44 inci beresolusi Full HD+, rasio layar 20:9, dan mendukung fitur HDR 10.

Demikian juga dari bagian RAM dan penyimpanan yang sama-sama menawarkan kombinasi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Perbedaan dari keduanya terletak pada bagian chipset, yang mana Vivo V20 diotaki oleh chipset Snapdragon 720G. Sementara Vivo V20 SE ditenagai Snapdragon 665. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here