Sempat Ditarik, Xiaomi Kembali Distribusikan Android Oreo

Xiaomi Mi A1
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Beberapa hari yang lalu, Xiaomi menarik seluruh pendistribusian sistem operasi terbaru Android Oreo 8.0 untuk pengguna Mi A1. Penyebabnya, karena banyaknya bug yang ditemukan pengguna saat melakukan update ke Android Oreo.

[Baca juga: Banyak Bug, Xiaomi Setop Update Android Oreo untuk Mi A1]

Namun penghentian pembaruan itu tak berlangsung lama, karena pabrikan asal Tiongkok tersebut tidak butuh waktu yang terlalu lama untuk memperbaiki bug tersebut. Alhasil, seperti dilaporkan oleh PhoneArena, Xiaomi telah kembali mendistribusikan Android O ke pengguna Mi A1.

Bagi Anda yang sebelumnya sudah memasang Android Oreo di perangkat, maka ukuran file yang harus diunduh hanyalah 90MB saja. Namun, bagi Anda yang belum melakukan update ke Android O, maka Anda harus mengunduh file sebesar 1,12GB.

Seperti diketahui, para pengguna Mi A1 mengeluhkan bahwa perangkat mereka kehilangan kemampuan pemindai sidik jari saat melakukan update. Selain itu, mereka juga menemukan masalah di Bluetooth, masalah sensor pemberitahuan sekitar, UI, serta volume.

Namun yang paling mengganggu adalah masalah penggunaan baterai yang jauh lebih boros jika dibandingkan dengan saat mereka pertama kali membelinya. Ada juga permasalahan aplikasi panggilan yang berhenti bekerja, serta penurunan kualitas audio perekam video, yang pastinya sangat mengganggu.

[Baca juga: Pria ini Benamkan Windows 10 di Windows Phone]

Selain itu, di dalam pembaharuan ini juga akan terdapat patch untuk mencegah malware Spectre dan Meltdown masuk ke dalam perangkat. So, sudah pasti Anda wajib mengunduh pembaharuan ini demi keamanan perangkat Anda.

Harap diketahui, pembaharuan ini akan tersedia secara bertahap. Oleh sebab itu, bagi Anda yang belum mendapatkan pembaharuan ini, jangan khawatir, karena kemungkinan akan segera hadir di perangkat Anda dalam beberapa minggu ke depan. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here