Sempat Dicekal, UC Browser Kembali Muncul di Play Store

Telset.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu, UC Browser tiba-tiba hilang dari Google Play Store, karena mendapat hukuman ‘pencekalan’ dari Google. Namun kini browser milik Alibaba itu kembali muncul di Google Play Store dengan membawa versi terbarunya.

UC Browser mendapatkan “hukuman” dari Google karena menyebarkan iklan “menyesatkan”, yang memaksa orang mengunduh UC Browser. Namun, seperti dilansir dari Android Authority, sebab hilangnya UC Browser sendiri masih belum bisa dipastikan, karena UC Browser pun masih belum memberikan keterangan resminya.

Menurut Group Head of International Business Department Alibaba Young Li, ada kemungkinan penyebab utamanya adalah karena ada pengaturan tertentu pada UC Browser yang ternyata tidak sesuai dengan kebijakan Google yang telah ditetapkan.

“Selama tidak adanya UC Browser di Play Store, kami terus memeriksa secara cermat pengaturan teknis sambil memantau pengguna kami yang tidak terganggu karena menggunakan UC Browser Mini,” jelas Young Li.

[Baca juga: UC Browser Hilang dari Google Play Store, Ada Apa?]

Penyebab dihilangkannya UC Browser dari Google Play Store beberapa waktu lalu, memang masih belum jelas. Beberapa pengguna Reddit bahkan berani mengatakan jika UC Browser ternyata ketahuan mengambil informasi penting dari penggunanya untuk dikirimkan ke sebuah server di China.

Penyebab lainnya pun dijelaskan oleh salah seorang yang mengaku sebagai karyawan di UC Browser. Pria bernama Mike Ross ini mengatakan UC Browser dihukum Google karena menggunakan metode promosi yang tidak sehat untuk meningkatkan jumlah pengguna.

“Saya bekerja untuk UC Browser, saya mendapat email pagi ini yang mengatakan bahwa UC Browser untuk sementara dihapus dari Play Store selama 30 hari karena menggunakan metode promosi yang ‘menyesatkan’ dan ‘tidak sehat’ untuk meningkatkan pemasangan,” jelas Mike. (FHP/HBS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0