Sektor Otomotif Manfaatkan TikTok untuk Dongkrak Pemasaran

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Platform digital menjadi salah satu yang diandalkan di tengah pandemi ini, termasuk untuk urusan pemasaran. TikTok, misalnya. Platform distribusi video singkat ini berbagi insight mengenai bagaimana pengguna merespon konten otomotif di layanan dan bagaimana brand otomotif dapat memanfaatkan tren ini untuk meningkatkan performa bisnis.

Platform digital menjadi saluran yang perlu diandalkan oleh sektor otomotif khususnya untuk bisa bertahan di kondisi saat ini. Hal tersebut diungkap Inventure dalam riset berjudul Automotive Industry Outlook 2021 yang menyorot salah satu perkembangan lanskap otomotif di tahun ini, bahwa penting untuk mengembangkan digital customer channel.

Ya, digitalisasi penting untuk merespon ekonomi saat ini yang ingin mengurangi kontak langsung. Pelaku bisnis harus mulai merangkul konsumen melalui kanal digital dengan melakukan promosi menggunakan saluran pemasaran digital untuk menjual produk, termasuk kendaraan bermotor kepada konsumen.

{Baca juga: Durasi Video TikTok Lebih Panjang, Kini Sampai 3 Menit}

Sejak tahun lalu, seperti diungkap Kukuh Kumara, Sekretaris Umum GAIKINDO, pergeseran ke ranah digital terlihat di sektor otomotif, mulai dari peluncuran model baru, hingga berbagai informasi tentang modifikasi mobil.

“Ini momentum yang perlu dimanfaatkan dengan baik bagi brand otomotif untuk semakin meningkatkan keberadaan mereka di platform digital agar lebih banyak audiens yang terjangkau di tengah keterbatasan akses secara offline,” katanya.

Views Konten otomotif Meningkat

Melamar kerja TikTok ResumesKonten otomotif di TikTok juga mulai menarik perhatian pengguna, ditandai dengan peningkatan jumlah views hingga 5,1 kali lipat sejak tahun lalu. Bukan hanya untuk menikmati konten, berdasarkan hasil survei TikTok terhadap ratusan pengguna di Indonesia, lebih dari 70 persen responden merasa tertarik membeli mobil dari segala jenis, khususnya berbahan bakar bensin.

Pengguna TikTok yang menyukai konten otomotif, sebagian besar juga memiliki irisan ketertarikan pada bidang teknologi.

Dalam kategori otomotif di TikTok, berbagai tren tercipta hingga banyak pengguna TikTok spesialis bidang otomotif menciptakan konten yang kreatif. Mulai dari inspirasi unggahan konten otomotif dari tagar #Mobil, #Motor, #Sunmori, dan #Otomotif, informasi seputar tips otomotif seperti review mobil atau tips menerobos banjir anti mogok, hingga konten hiburan yang mengangkat fitur canggih di mobil ataupun sketsa komedi dengan objek kendaraan.

{Baca juga: TikTok Resumes Diuji Coba, Melamar Pekerjaan Pakai Video Singkat}

Tingginya minat dan luasnya ruang kreativitas yang bisa diangkat dari konten otomotif di TikTok diakui oleh kreator Ditra Yuda (@ditra.yuda). Ia menyebut, konten simpel seperti berbagi tips seputar belajar menyetir menarik banyak views dan interaksi di TikTok.

“Akhirnya bisa berkembang konten tips lainnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna. Konten relatable seperti ini akhirnya menarik brand untuk berkolaborasi, salah satunya saya bisa punya kesempatan me-review produk ataupun jasa dari brand yang berkaitan dengan otomotif secara langsung,” kata Ditra.

Komunitas pengguna TikTok di Indonesia menunjukkan minat yang lebih tinggi untuk membeli kendaraan bermotor dibandingkan non-pengguna TikTok, seperti yang terungkap dari survei Global Web Index.

“Di masa seperti sekarang ini, brand otomotif dapat memanfaatkan platform seperti TikTok sebagai digital showroom tak hanya untuk memasarkan produknya, tetapi bisa juga untuk terhubung dengan konsumen melalui konten-konten informatif, inspiratif, serta menghibur,” kata Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia.

TikTok memberikan kesempatan bagi semua pelaku bisnis dari berbagai skala untuk terhubung dengan para pengguna. Melalui format video pendek, brand dapat menginspirasi audiens melalui konten kreatif dan interaksi langsung yang didukung oleh solusi-solusi iklan yang TikTok tawarkan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI