Pengguna Keluhkan Pesan Lama di WhatsApp Tiba-tiba Lenyap

Edit Foto WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Para pengguna mengeluh pesan lama di WhatsApp terhapus secara otomatis. Mereka saling menyampaikan keluhan via forum XDA Developers. Mereka pun coba mencari tahu cara penanganannya.

“Saya baru sadar obrolan lama di aplikasi WhatsApp ternyata tiba-tiba hilang secara kronologis. Saya sudah mencoba melakukan instal ulang dan login, tetapi tidak berhasil mengatasinya,” kata pemilik akun Adhya.

Pengguna lain di XDA Developers juga mengeluhkan hal serupa. “Saya mendapatkan masalah yang sama persis. Saya mendapati obrolan lama di WhatsApp menghilang hari demi hari,” terang pemilik akun JOE149.

Ia lantas coba mengecek manajemen penyimpanan di ponsel. Ia menemukan jumlah pesan di WhatsApp memang terus berkurang. Rekaman obrolan dengan temannya semula 3.000, setelah beberapa hari berkurang menjadi 2.980.

Baca juga: Sebentar Lagi, Pengguna iOS akan Lihat Iklan di WhatsApp

“Saya kemudian mengecek lagi dan ternyata obrolan lama kami pada 2014 telah terhapus,” imbuh JOE149. Beberapa pengguna lain turut mengaku sudah mengalami masalah itu dalam rentang waktu dua bulan terakhir.

Sampai Selasa (16/10/2018), seperti dikutip Telset.id dari India Today, pihak WhatsApp belum menjelaskan persoalan tersebut. Para pengguna berharap pihak WhatsApp memberi informasi agar tak memicu kebingungan.

Belum lama ini, WhatsApp mengaku telah memperbaiki bug yang ada di aplikasi. Menurut WhatsApp, bug itu memungkinkan hacker bergerilya dengan mengambil alih aplikasi ketika pengguna menjawab layanan video call.

Baca juga: Jutaan Pengguna iPhone Terancam Tak Bisa Akses WhatsApp

WhatsApp mengumumkannya setelah ZDNet dan The Register melaporkan tentang kelemahan tersebut. Bug yang memengaruhi WhatsApp untuk ponsel Android maupun iOS itu ditemukan pada Agustus 2018 lalu.

Facebook, perusahaan induk WhatsApp, telah memperbaikinya pada awal Oktober 2018 kemarin. Namun, saat bug menyerang, tidak ada laporan kasus dari para pengguna. Meski demikian, Facebook memilih berinisiatif.

https://www.indiatoday.in/technology/news/story/old-conversations-on-whatsapp-are-disappearing-but-no-one-seems-to-know-why-1368949-2018-10-16

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here