telset

Pengguna Gratis Flickr Tak Lagi Dapatkan Penyimpanan 1 TB

Telset.id, Jakarta – Pengguna gratis situs layanan hosting gambar dan video Flickr sepertinya harus dibuat kecewa oleh keputusan perusahaan. Alih-alih mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 1 terabyte, pengguna gratis kini dibatasi hanya dengan penyimpanan untuk 1.000 gambar dan video saja. Meski tak ada jumlah maksimal pada ukuran file.

Sejak diakusisi oleh platform hosting foto profesional SmugMug bulan April lalu, ini boleh dibilang merupakan  perubahan besar pertama yang dilakukan Flickr di bawah perusahaan baru.

Situs yang awalnya dimiliki oleh Yahoo tersebut mengumumkan perubahannya melalui siaran pers hari Kamis (01/11/2018). “Sayangnya, layanan ‘gratis’ jarang sekali benar-benar gratis untuk pengguna. Pengguna membayar dengan (kuota) data (internet) atau dengan waktu mereka. Kami lebih memilih pengaturan yang transparan,” tulis Flickr.

Untuk pengguna gratis yang menyimpan lebih dari 1.000 foto dan video, Flickr memberikan waktu hingga 8 Januari 2019 untuk meningkatkan akun mereka ke Flickr Pro atau mengunduh file yang berlebih. Jika tidak, pengguna gratis yang melewati batas penyimpanan tidak dapat mengunggah foto maupun video lagi.

Pada 5 Februari 2019, foto dan video pada akun gratis yang masih melewati 1.000 gambar akan dihapus secara otomatis hingga jumlah file mencapai batas maksimal.

Flickr juga meningkatkan fitur-fitur pada pengguna Flickr Pro yang tersedia dengan harga US$ 49,9 per tahun atau sekitar Rp754 ribu. Selain ruang penyimpanan tak terbatas untuk foto dan video pada resolusi maksimal, pengguna memiliki akses bebas iklan di Flickr dan data tambahan perihal foto-foto mereka di situs.

Pengguna premium juga menerima layanan pelanggan “premier,” dapat mengunggah video berdurasi hingga 10 menit, dan diskon dengan instansi yang bekerja sama, termasuk Adobe Creative Cloud, SmugMug, dan Peak Design.

Untuk menarik pengguna gratis ke akun pro, Flickr juga memberikan potongan harga sebesar 30 persen untuk berlangganan di tahun pertama hingga tanggal 30 November.

Mulai bulan Januari tahun depan, semua pengguna Flickr tidak perlu masuk menggunakan akun Yahoo lagi. [AU/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0