Pengguna di India Bisa Bayar via WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Layanan pesan instan WhatsApp siap merilis fitur pembayaran digital sesama rekan alias peer to peer di India pada awal minggu depan. Kabarnya, WhatsApp telah merilis fitur baru itu dalam versi Beta. Nantinya, pengguna akan semakin mudah bertransaksi keuangan.

Menurut Ubergizmo, guna memperlancar pengguna dalam mengakses fitur anyar tersebut, WhatsApp telah bekerja sama dengan empat bank besar di India. Namun, sejauh ini, baru ada tiga bank yang resmi bermitra dengan WhatsApp, yakni HDFC Bank, ICICI Bank, dan Axis Bank.

Dalam waktu dekat, satu bank lagi, yaitu SBI Bank, dikabarkan ikut bergabung untuk memfasilitasi pengguna WhatsApp dalam mengakses layanan itu. Konon, WhatsApp enggan merilis fitur pembayaran sesama rekan jika tidak ada empat bank yang bersedia bekerja sama.

Februari 2018 lalu, setelah meluncurkan WhatsApp Business, WhatsApp dilaporkan bakal meluncurkan fitur baru yang berkaitan dengan keuangan. Layanan messaging milik Facebook tersebut berencana menghadirkan fitur pembayaran digital bagi pengguna.

Lewat fitur itu, pengguna WhatsApp di India memungkinkan untuk melakukan pembayaran secara digital langsung via aplikasi. Sampai akhir Februari 2018, WhatsApp masih melakukan integrasi sistem Unified Payment Interface (UPI) dengan State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank dan Axis bank.

WhatsApp telah mengantongi izin dari pemerintah India terkait integrasi UPI dengan pihak perbankan pada Juli tahun lalu. Meski demikian, beberapa pihak menyebut bahwa langkah yang dilakukan oleh WhatsApp terbilang ketinggalan ketimbang aplikasi Google Tez. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here