Euforia Sesaat, Pengguna Aktif Threads Turun Jadi 23,6 Juta

Telset.id, Jakarta – Aplikasi pesaing Twitter buatan Meta, yakni Threads sepertinya mengalami euforia sesaat. Setelah sempat memperoleh banyak pengguna baru, kini pengguna aktif harian Threads menurun menjadi 23,6 juta saja.

Aplikasi Meta Threads sempat dinobatkan sebagai aplikasi menjadi yang paling cepat berkembang sepanjang masa, karena berhasil memperoleh 30 juta pengguna di hari pertama perilisan aplikasi.

Namun, pencapaian tersebut harus tercoreng dengan fakta terbaru SimilarWeb. Data dari firma analitik itu menunjukkan bahwa keterlibatan aplikasi telah menurun dari titik tertinggi awal meskipun statusnya sebagai aplikasi yang tumbuh paling cepat.

Dikutip Telset dari Endgadget pada Selasa (18/07/2023), pengguna aktif harian Threads menurun dari 49 juta pada 7 Juli 2023 menjadi 23,6 juta pada 14 Juli 2023. Di Amerika Serikat durasi penggunaan aplikasi menurun dari yang awalnya 21 menit per hari menjadi lebih dari 6 menit dalam periode waktu yang sama.

BACA JUGA:

Sementara SimilarWeb memperingatkan bahwa datanya hanya didasarkan pada penggunaan Threads Android. Meski demikian temuannya terkait data pengguna Threads juga diungkapkan oleh Sensor Tower.

Penyedia data intelijen pasar ini melaporkan  kalau terjadi penurunan serupa 2 digit terkait pengguna harian dan keterlibatan pengguna sejak aplikasi Threads diluncurkan pada 2 pekan lalu.

Bos Instagram, Adam Mosseri memberikan tanggapan atas laporan penurunan pengguna aktif Threads. Dirinya berdalih kalau perusahaan tidak terlalu fokus   pada metrik keterlibatan pengguna, melainkan pada pengembangan fitur baru.

“Fokus kami saat ini bukanlah keterlibatan, yang luar biasa, tetapi melewati puncak dan lembah awal yang kami lihat dengan setiap produk baru, dan membangun fitur baru, melakukan panggilan dalam kinerja, dan meningkatkan peringkat,” tulis Adam.

Sementara itu Senior Insights Manager dari SimilarWeb, David Carr menilai kalau Threads cukup sukses membuat pengguna Twitter beralih ke Threads.

BACA JUGA:

“Dalam 2 hari penuh pertama Threads tersedia secara umum, Kamis dan Jumat lalu, trafik web ke twitter.com turun 5% dibandingkan dengan hari yang sama di minggu sebelumnya dan penggunaan aplikasi Android berdasarkan waktu yang dihabiskan juga turun 4,3%,” kata Carr.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI