Pencarian Gambar di Pinterest Bisa Berdasarkan Warna Kulit

Pinterest

Telset.id, Jakarta – Pinterest, situs pencarian gambar, GIF, dan video, meningkatkan kemampuan pencarian foto kecantikan dengan menambahkan fitur baru. Fitur tersebut melakukan pencarian berdasarkan warna kulit.

Menurut The Verge, fitur baru itu dihadirkan setelah survei menunjukkan bahwa 70 persen pengguna memakai Pinterest untuk mencari referensi penampilan sehari-hari. Akhirnya, Pinterest membuat filter baru dengan rujukan warna kulit.

Teknisi Pinterest menyatakan, proses melakukan pemrograman filter pencarian untuk mendeteksi warna kulit di gambar lumayan sulit. Sebab, ada banyak faktor yang harus diperhatikan, khususnya soal pencahayaan dan bayangan.

Untuk mengatasi masalah itu, Pinterest menggunakan metode pembelajaran dari aplikasi kecantikan pihak ketiga, yakni ModiFace. ModiFace memiliki bank data wajah yang sesuai untuk penggunaan kecerdasan buatan.

Pinterest melatih algoritma supaya tidak membaca kulit putih di cahaya redup sebagai kulit gelap dan mengoreksi kesalahan lain melalui pengujian berulang. Ketika pengguna mencari warna kulit, informasi juga tidak akan disimpan.

“Kami fokus memperbaiki akurasi hasil pencarian dan memberi pengalaman kepada pengguna dalam pemakaian lebih banyak platform,” kata Laksh Bhasin, teknisi Pinterest.

Baca juga: Cara Bikin Status Type Stories di Instagram Stories

Ia berujar, fitur pencarian berdasarkan warna kulit warna kulit hanyalah awal dari pengembangan Pinterest. Ke depan, Pinterest bakal melakukan banyak inovasi demi kemudahan pengguna dalam mencari referensi gambar maupun video. [BA/HBS]

Sumber : The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here